Minggu, 26 Januari 2020
Presiden Jokowi (setkab.go.id)
23 Mei 2018 15:01 WIB

Kejutan Manis dari Jokowi, THR dan Gaji ke-13

Istimewanya, pensiunan kini dapat tunjangan
Bagikan :


Jakarta, era.id - Presiden Joko Widodo telah menandatangani Peraturan Pemerintah (PP) tentang pemberian tunjangan hari raya kepada aparatur sipil negara (ASN), termasuk para pensiunan.

Dilansir Antara, Jokowi menyampaikan hal itu didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri Keungan Sri Mulyani, Menteri PAN-RB Asman Abnur. Penerima tunjangan adalah seluruh aparatur negara, prajurit TNI, dan anggota Polri.

“Ada yang istimewa untuk tahun ini, yang berbeda dengan tahun sebelumnya, THR tahun ini diberikan juga kepada pensiunan,” kata Presiden Joko Widodo kepada wartawan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/5/2018).

Presiden Jokowi berharap, pemberian THR dan gaji ke-13 bukan hanya bermanfaat untuk kesejahteraan pensiunan dan aparatur negara saat merayakan Idul Fitri, tapi juga menambah peningkatan kerja para ASN yang masih aktif.


Baca Juga : Anggaran Kemhan Rp127 Triliun, Jokowi: Tak Boleh Ada Mark Up!

“Kita juga berharap ada peningkatan kerja para ASN dan pelayanan publik secara keseluruhan saat merayakan Idul Fitri,” ungkapnya.

Baca Juga: Elektabilitas Jokowi Tak Terkalahkan

Penjelasan THR dan gaji ke-13


Kata Sri Mulyani, THR dibayarkan tidak hanya dalam bentuk gaji pokok, namun termasuk tunjangan keluarga, tunjangan tambahan dan tunjangan kinerja. Pegawai Negeri Sipil (PNS), prajurit TNI, dan Polri, akan mendapatkan THR yang hampir atau sama dengan take home pay mereka satu bulan.

Sedangkan untuk gaji ke-13, kata Sri Mulyani, akan dibayar sebesar gaji pokok, tunjangan umum, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan dan tunjangan kinerja. Untuk pensiun ke-13, dibayarkan sebesar pensiun pokok, tunjangan keluarga dan tunjangan tambahan penghasilan.

"Seperti tadi disampaikan oleh Bapak Presiden yang berbeda tahun ini adalah bahwa pensiunan mendapatkan THR, karena tahun lalu pensiunan tidak mendapatkan THR," jelas Sri Mulyani.'

Kejutan manis dari pemerintah

Secara terpisah, anggota Komisi XI DPR RI, Eva Kusuma Sundari, mengapresiasi penandatangan PP pemberian THR dan gaji ke-13 tersebut. Menurut Eva, ini adalah kejutan manis dari Presiden Jokowi.

“Ini kejutan yang manis dari presiden untuk mewujudkan bulan Ramadan sebagai bulan barokah bagi umat muslim,” kata Eva kepada awak media.

Eva menyebut penandatanganan PP tersebut mempertegas komitmen Presiden Jokowi menambah area rakyat penerima manfaat program pemerintah. Sebelumnya, kata Eva, pemerintah sudah menambah penerima Program Keluarga Harapan (PKH) dari yang sebelumnya 7,2 juta keluarga menjadi 10 juta keluarga.

Baca Juga: Publik Puas dengan Kinerja Jokowi-JK

Secara kualitas juga ditingkatkan karena sistemnya terintegrasi antar berbagai skema bantuan lainnya.

"Ini merupakan kepedulian Presiden terhadap beban rutin umat muslim yang memang kebutuhan keluarga selalu meningkat signifikan setiap Idul Fitri. Tentu adanya gaji ke-13 ini akan membantu meringankan beban keluarga-keluarga muslim. Apalagi bagi para pensiunan yang sulit mempunyai peluang menambah penghasilan," ungkap politikus PDI Perjuangan tersebut.
Bagikan :
Topik :

Reporter : Wardhany Tsa Tsia
Editor : Indra Akuntono
KOMENTAR
GRAFIS
BERITA TERBARU
Lifestyle
26 Januari 2020 18:08 WIB

VIDEO: Yang Muda yang Menjaga Tradisi Tato Mentawai

Kami mencoba langsung membuat tato dengan metode hand tapping
Lifestyle
26 Januari 2020 17:19 WIB

Tren Mobil Diesel Masih Berumur Panjang

"Diesel tidak akan hilang"
megapolitan
26 Januari 2020 15:27 WIB

Akhirnya Warga Jakarta Punya Wagub!

Hore, Anies enggak jomblo lagi~
Internasional
26 Januari 2020 15:03 WIB

Kembalinya Bibi Kim Jong Un Setelah Enam Tahun Menghilang

Pertanyaannya kemana aja selama ini? Hmm jangan-jangan...
Nasional
26 Januari 2020 14:19 WIB

Menjadi Objek Seni Rajah Tubuh dari Mentawai

Sore itu, kami berkesempatan merasakan seni rajah tubuh (Tato) dari Mentawai