Jumat, 03 Juli 2020
Ilustrasi SUTET dan pohon (pixabay)
06 Agustus 2019 13:29 WIB

Kala Pohon Sengon Sempat Dituduh Penyebab Mati Listrik

Pohon sengon adalah mahluk hidup yang tak tahu apa-apa
Bagikan :


Jakarta, era.id - Sebuah pohon sengon di Ungaran, Jawa Tengah begitu terkenal seantero negeri. Sempat ada informasi kalau kesalahan matinya listrik di sebagian besar Pulau Jawa dua hari kemarin 'dilimpahkan' kepada pohon sengon itu.

Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN, I Made Suprateka bilang, gangguan transmisi listrik bisa saja terjadi karena faktor alam. Apalagi bila ada pohon yang berdekatan dengan jaringan Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) berkekuatan 500 kilovolt (kV). 

"Faktanya adalah terjadi di Ungaran (Jawa Tengah), itu SUTET 500 kilovolt (kV) itu ada berdekatan dengan pohon. Pohon ini mencapai ketinggian 9 meter. Nah, ini menyebabkan adanya hubungan singkat. Ada kebakaran di sana, tidak besar, kecil, namun membuat jaringan rusak fatal," kata I Made Suprateka seperti dikutip Antara, Selasa (6/8/2019).

Suprateka memang tak menyebutkan pohon sengon secara tegas. Namun perlintasan kabel PLN memang melewati hamparan ladang dan sawah, termasuk kebun sengon di Ungaran, Kabupaten Semarang.


Baca Juga : 24 Juta Pelanggan PLN Dapat Token Listrik Gratis

Hal tersebut diperkuat dengan temuan hasil investigasi sementara Polda Jawa Tengah terkait kerusakan sutet di kawasan Gunungpati, Semarang akibat pepohonan yang terlalu tinggi.

"Kerusakan tersebut diakibatkan oleh adanya pohon yang ketinggian melebihi batas Right of Way (ROW) sehingga berakibat Flash yang dapat disertai bunyi ledakan," kata Kabid Humas Polda Jawa Tengah, Kombes Agus Triatmaja.

Kabar pohon sengon jadi biang kerok ini akhirnya diluruskan juga oleh Asisten Manajer Komunikasi PLN Jateng DIY, Aji Rahmad. Dilansir laman resmi Kominfo yang mengutip pemberitaan dari Kumparan, Aji Rahmad tegas membantah kabar yang memang terdengar seperti lawakan ini.

Aji bilang, sampai hari ini informasi mengenai padamnya listrik telah disampaikan melalui keterangan pers yang sudah disiarkan oleh PT PLN pada Minggu (4/8) kemarin. Keterangan resmi PLN, mati listrik massal terjadi karena dua gangguan yang terjadi bersamaan, yaitu gangguan pada turbin gas di PLTGU Cilegon, Banten, dan gangguan pada transmisi SUTET 500 kV di Ungaran-Pemalang, Jawa Tengah.



Gangguan jaringan listrik akibat pohon sengon (dok istimewa)

 
Bagikan :

Reporter : ERA.ID
Editor : Aditya Fajar
KOMENTAR
GRAFIS
BERITA TERBARU
ide
03 Juli 2020 16:07 WIB

Empat Panglima Dayak yang Keberadaannya Masih Misterius

Salah satunya Panglima Api
Lifestyle
03 Juli 2020 15:52 WIB

Panduan WHO bagi Ibu Hamil yang Tertular COVID-19

Buat rumah sakit dan rumah bersalin
ide
03 Juli 2020 15:27 WIB

Berapa Gaji Astronot NASA?

Mantap betul~
megapolitan
03 Juli 2020 15:18 WIB

Pasutri NasDem-PPP Terjaring OTT KPK

Bupati dan Ketua DPRD Kutai Timur