Rabu, 03 Juni 2020
Zahara de la Sierra (IG/sajan.cp)
07 April 2020 17:18 WIB

Desa Terpencil di Spanyol ini Masih Bebas Korona

Antisipasi sejak dini
 
Bagikan :


Jakarta,era.id - Virus korona baru kini menjadi pandemik global. Lebih dari 141 negara melaporkan adanya kasus penularan penyakit COVID-19 di wilayah mereka. Spanyol menjadi salah satu negara dengan kasus positif COVID-19 terbanyak di dunia yakni 136.675 kasus degan angka kematian mencapai 13.341 orang.

Kasus penularan COVID-19 di Spanyol hampir terjadi di seluruh kota. Namun, ternyata ada satu kota yang diklaim masih bebas dari korona. 

Seperti dilansir dari CNN, Selasa (7/4/2020), desa Zahara de la Sierra mengklaim daerahnya masih bebas virus korona. Kota terpencil ini berada di Provinsi Cadiz, Andalusia, selatan Spanyol.

Usut punya usut, pemerintah daerah Zahara telah mengantisipasi penyebaran COVID-19 lebih dini. Pada 14 Maret 2020, mereka telah mengkarantina wilayahnya sendiri dengan menutup akses dari dan ke Zahara. 
Hingga detik ini, tak ada satupun dari 1.400 penduduk Zahara yang trinfeksi COVID-19.


Baca Juga : Kemen PPPA Tegaskan New Normal di Satuan Pendidikan Harus Utamakan Anak

"Sudah lebih dari dua minggu, dan saya pikir itu pertanda baik," kata Wali Kota Zahara de la Sierra, Santiago Galvan.

Bukan tanpa alasan Galvan menerapkan kebijakan karantina tersebut, karena mayoritas warganya adalah lansia yang rentan terinfeksi COVID-19. Hampir seperempat penduduk Zahara berusia lebih dari 65 tahun. 

Pos pemeriksaan di satu-satunya akses jalan menuju Zahara dijaga ketat aparat dan disemprot disinfektan sebelum memasuki desa.

"Tidak ada mobil yang melewati pos pemeriksaan yang tidak didesinfektan," kata Galván.


Zahara de la Sierra (CNN)

Wali Kota mengakui bahwa kebijakannya 80 persen efektif menangkal korona sehingga warganya kini lebih tenang di saat semua wilayah menerapkan lockdown.

"Kami telah berhasil memberikan ketenangan kepada warga kami," ucapnya.
Bagikan :
Topik :

Reporter : Adelia Hutasoit
Editor : Ervan Bayu Setianto
KOMENTAR
GRAFIS
BERITA TERBARU