Rabu, 22 Mei 2019
Android Q. (Foto: androidcentral.com)
14 Maret 2019 14:40 WIB

Google Luncurkan Android Q Versi Beta, Ini Fitur Kekiniannya

Sayangnya update terbaru ini baru bisa dinikmati para pengguna Pixel
Bagikan :


Jakarta, era.id - Raksasa mesin pencari, Google merilis sistem operasi versi beta terbarunya, Android Q, kemarin (13/3). Sayangnya update terbaru ini baru bisa dinikmati para pengguna Pixel, smartphone pabrikan Google.

Sebelum membedah apa saja fitur terbaru yang ditawarkan atau diperbaiki dari pendahulunya Android P, enggak afdal rasanya kalau kita enggak tahu nama makanan apa yang disematkan dari Android Q tersebut. Karena seperti kita tahu Google selalu memberikan nama makanan pada Android versi sebelumnya seperti yang terbaru Android Pie. 

Belum ada keterangan resmi dari Google soal nama yang akan diberikan pada Android Q ini, namun Android Central sempat membuat polling prediksi kira-kira Android ini mau dikasih nama apa. Kemungkinan nama yang akan diberikan pada Android Q menurut Android Central adalah: Queen of Pudding, Quiche, Quesito, Quindim, dan Queijadas.

Kalau menurut kamu, mana yang paling cocok buat nama Android Q ini? Silakan isi di kolom komentar ya. 
 

Sembari menunggu nama kue apa yang kira-kira bakal disematkan Google pada Android Q, lebih baik kita bahas dulu apa saja fitur baru yang ditawarkan dari OS baru ini. 


Baca Juga : Huawei yang Kehilangan Aksesnya di Amerika

Poin pertama dari pembaruan sistem operasional ini adalah untuk menyesuaikan dengan ponsel layar lipat yang sedang menjadi tren saat ini. Selain itu yang tak kalah penting, Android Q membawa pembaruan pada "beberapa tambahan fitur untuk mengatur pengaturan keamanan dan privasi," kata Google pada postingan resminya di blog android-developers.googleblog.com.

Dukungan Untuk Ponsel Lipat

Untuk dapat menyesuaikan dengan ponsel lipat, Android Q memungkinkan pengembang aplikasi bisa mengoptimalkan tampilannya di layar lipat dan besar itu. Hal ini mencakup pengaturan bagaimana aplikasi bisa menyesuaikan ukuran tampilannya saat ponsel dilipat dan dibuka lipatannya. 

Dynamic Depth

Fitur baru selanjutnya yang tak kalah penting dan sering digunakan adalah soal fotografi. Saat ini banyak ponsel yang memiliki mode potret yang bisa mengatur bokeh atau blur pada latar belakang foto. 

Data yang digunakan pada mode tersebut bernama Depth-mapping. Pada update terbaru kali ini ada fitur yang namanya Dynamic Depth, fitur ini akan memungkinkan aplikasi menggunakan data tersebut untuk mengatur opsi blur dan bokeh lebih khusus.

Selain itu, pengembang juga bisa menggunakan data Dynamic Depth untuk membuat gambar 3D dan fotografi Augmented Reality.


Ilustrasi (Pixabay)

Efisiensi Video

Seiring perkembangan kualitas resolusi pada industri gambar digital, ponsel kekinian sudah mulai dibenamkan fitur format video yang paling baru yakni HDR10+. Nah, Android Q hadir untuk mendukung agar dapat memutar video kualitas HDR10+.

Selain itu, Android Q juga memungkinkan ponsel memutar video AV1 yang kualitasnya lebih bagus ketika sedang streaming, namun dengan mengonsumsi lebih sedikit bandwidth. Alhasil Android Q bisa membantu para sobat missqueen agar bisa menghemat quota ketika streaming video dengan piksel yang lebih tinggi seperti video berformat AV1 tersebut.

Improvisasi Konektivitas

Kabar baik lainnya yang ditawarkan Android Q yakni soal improviasai koneksi untuk alat-alat yang terhubung pada Internet of Things. Misalnya untuk menghubungkan ponsel pada Smart TV, atau printer, dan alat-alat lain yang memungkinkan kita mengaturnya lewat ponsel. 

Selain itu masih soal konektivitas, Android Q juga mengimprovisasi mode kinerja wifi dengan menyematkan fitur high performance dan low-latency pada pengaturan wifi. Hal ini menguntungkan untuk bermain game real-time dan panggilan telfon.

Keamanan Privasi

Terakhir, pembaruan yang paling penting menurut kami yakni soal kemanan data pribadi yang tengah menjadi diskursus abad ini. Kabar baiknya Android Q memungnkinkan pengguna memiliki kontrol lebih besar atas aplikasi dan akses file bersama.

Misalnya akses aplikasi kepada penyimpanan foto dan video, pengguna bisa lebih mengontrol akses dari aplikasi. Jadi apabila ada kekhawatiran data kita digunakan secara tidak bijak kita bisa mengaturnya disini. Selain itu soal unduhan, pengguna bisa mengatur file unduhan mana yang mau kita akses. 

Selain soal keamanan data foto, video, dan file yang kita punya, Android Q juga membawa fitur peningkatan keamanan atas pengaturan izin akses lokasi. Apabila biasanya aplikasi hanya memberikan dua pilihan ketika meminta izin untuk menakses data lokasi, ya dan tidak, Pada pembaruan ini kita bisa pilih: jangan pernah, hanya saat aplikasi sedang berjalan, atau sepanjang waktu - bahkan di latar belakang. 

Jadi, jika kita menggunakan aplikasi transportasi online misalnya, pengguna dapat membiarkannya melacak lokasi hanya ketika aplikasi sedang digunakan, tetapi melarang aplikasi mengakses data lokasi ketika tidak digunakan.

Selanjutnya, masih soal keamanan, fitur yang ditawarkan Android Q adalah soal aplikasi keamanan pengenal wajah. Android Q memperbarui keamanan lapisan transport dari sistem TLS 1.2 menjadi TLS 1.3, yang diklaim Google dapat membuat koneksi aman dan 40 persen lebih cepat dari versi sebelumnya.
Bagikan :
Topik :

Reporter : Ramdan Febrian Arifin
Editor : Ahmad Sahroji
KOMENTAR
GRAFIS
BERITA TERBARU
Peristiwa
22 Mei 2019 11:58 WIB

KPU: Cari Keadilan Bukan di Jalan Tapi Lewat MK

Karena lewat jalur ini, dugaan kecurangan bisa dibuktikan
Ekonomi
22 Mei 2019 11:55 WIB

Maaf, Layanan Penukaran Uang Dihentikan Dulu

Soalnya Jakarta lagi gak asyik
Nasional
22 Mei 2019 11:38 WIB

Kata Anies, Enam Orang Meninggal Akibat Bentrok

Ada juga 200 korban yang dibawa ke sejumlah rumah sakit di Jakarta
Olahraga
22 Mei 2019 11:32 WIB

Simeone Komitmen dan Siap Bangun Kembali Atletico

Ditinggal para pemain kunci memang bencana. Tapi, Simeone tak akan menyerah
Nasional
22 Mei 2019 11:18 WIB

Bawaslu Tetap Gelar Rapat Meski Dikepung Demonstran

Tetap tenang walau dalam situasi mencekam