Jumat, 21 Februari 2020
Jalur pedestrian di salah satu sudut kota Jakarta (Anto/era.id)
09 September 2019 13:35 WIB

Ajakan Berjalan Kaki dari Gubernur DKI Jakarta

"Berjalan kakilah sebagai kaum urban metropolitan"
Bagikan :


Jakarta, era.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyerukan kepada warganya agar melakoni gaya hidup sehat. Salah satunya dengan berjalan kaki. Saran yang dia berikan adalah berjalan kaki menuju halte atau terminal angkutan umum.

"Mari kita intensifkan olehraga, bisa secara khusus mengambil waktu untuk olahraga juga dijadikan kegiatan keseharian. Ke kantor menggunakan kendaraan umum. Beberapa ratus meter pertama bisa jalan kaki. Turun (dari kendaraan umum) ke tempat kerja bisa jalan kaki," kata Anies, Senin (9/9/2019).

Anies bilang itu dalam upacara peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-36 Provinsi DKI Jakarta Tahun 2019 di Lapangan Silang Monas Sisi Selatan, Jakarta Pusat.

Anies menambahkan, berjalan adalah olahraga yang mudah karena dapat dilakukan di mana dan kapan saja, tidak terpaku dengan fasilitas khusus. Ditambah, berjalan kaki adalah olahraga yang ringan dan murah tapi bisa memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh.


Baca Juga : Para Aktivis Lingkungan Dadakan di Tengah Polemik Revitalisasi Monas

"Jadi, saya juga mengajak masyarakat di Jakarta dengan setting kota urban metropolitan, maka kebutuhan untuk berolahraga raga itu sesunguhnya sangat tinggi," tutur dia. 

Berdasarkan survei peneliti Universitas Stanford, Amerika Serikat, orang Indonesia dikategorikan sebagai yang paling malas berjalan kaki. Rata-rata, orang Indonesia hanya aktif berjalan sebanyak 3.513 langkah saja dalam sehari. Ini berbeda dengan Cina yang warganya lebih aktif berjalan dengan rata-rata 6.189 langkah.

Sementara, dikutip dari situs halodoc.com, berjalan kaki bisa meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga tidak mudah terserang penyakit, terutama flu.

Selain itu, berjalan kaki ternyata juga bisa memberi manfaat untuk otak. Salah satunya adalah meningkatkan daya ingat dan kemampuan otak untuk fokus. Jalan kaki juga dapat mengurangi nyeri sendi. Khususnya, nyeri pada lutut dan pinggul.
Bagikan :

Reporter : Diah Ayu Wardani
Editor : Bagus Santosa
KOMENTAR
GRAFIS
BERITA TERBARU
Nasional
20 Februari 2020 22:22 WIB

What's On Today, 20 Februari 2020

Podcast berita Indonesia terkini yang disajikan dengan cara berbeda
Nusantara
20 Februari 2020 21:08 WIB

Tak Bisa ke Indonesia, Mahasiswa Unpad Asal China Kuliah Online

Gara-gara COVID-19
Lifestyle
20 Februari 2020 20:32 WIB

Riki Rhino, Film Animasi Karya Anak Bangsa

Ridwan Kamil 'jadi' Elang Jawa
Lifestyle
20 Februari 2020 19:38 WIB

Eddies Adelia yang Belum Siap Berhijab Syar'i

Yang penting tertutup dulu