Selasa, 07 April 2020
Ilustrasi (Foto: brightspark-consulting.com)
10 Februari 2020 13:45 WIB

Mereka yang Pernah Gugur di Jagat Maya

Dari selebtwit, selebritas, hingga politikus pernah merasakannya
Bagikan :


Jakarta, era.id - Akun Twitter dari pemerhati sejarah Indonesia, Mazzini Giusepe gugur di jagat Twitter. Akun Twitter dengan 104 ribu pengikut itu mendadak tak bisa diakses dan perlahan lenyap dari platform "si Burung Biru".

Kepada era.id, pria yang punya nama asli Saddam Husein itu menceritakan detik-detik akun Twitternya @mazzini_giusepe raib oleh ulah hacker tak bertanggung jawab. Pada Jumat, 7 Februari 2020 sekitar pukul 22.30 WIB sebuah surat elektronik mengatasnamakan Service Twitter masuk ke emailnya. 

Saddam yang tak punya pikiran "macam-macam" kemudian langsung mengklik tautan tersebut. Namun sial, itu adalah "jebakan batman". Akun Twitternya tiba-tiba ke-log out. "Terus gue klik tautan yang mereka kasih, dan muncul pemberitahuan kalau akun gue selama dua hari ke kunci. Tiba-tiba ke-log out Twitternya," ujar Saddam, Senin (10/2/2020).

Dia menaruh curiga bahwa akun Twitternya kini berpindah tangan. Sebab email dan kata sandi yang digunakan untuk mengoperasikan akun tersebut sudah diganti. Berbagai cara pun sudah ditempuhnya untuk memulihkan akun Twitter @mazzini_giusepe. Namun, hingga kini usahanya belum membuahkan hasil.


Baca Juga : Alasan Social Distancing Diganti Menjadi Physical Distancing


Tangkap layar Instastory salah satu pengikut akun @mazzini_giusepe. 

Beberapa waktu lalu, akun @mazzini_giusepe sempat bertengger di Twitter lantaran twitnya soal Candi Prambanan. Dia menepis anggapan masyarakat bahwa Candi Prambanan dibangun oleh Bandung Bondowoso. Menurut Mazzini, candi Hindu terbesar di Indonesia dan diakui UNESCO itu merupakan buah karya Raja Rakai Pikatan dari Kerajaan Mataram Kuno.

Saddam bukanlah selebtwit pertama yang akunnya "dirampok" oleh hacker. Sebelum dia, beberapa selebritas Tanah Air pun turut jadi sasaran phising para hacker, yakni penipuan di mana hacker menyamar sebagai pihak lain. 

Berikut mereka yang gugur di jagat media sosial, seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Ari Lasso

Penyanyi legendaris ini pernah aktif di platform media sosial Twitter. Sebagai artis papan atas, pengikutnya pun berjumlah jutaan. Tapi pada tahun 2018, Ari Lasso harus tutup akun untuk selama-lamanya akibat menjadi korban hacker. Saat itu, Ari mengaku followers-nya mencapai 2,6 juta.

Dikutip dari Grid.id, Ari sempat meradang walaupun tetap cuek mengunggah foto-foto di akun Instagramnya yang terkoneksi dengan akun Twitter yang sudah diretas. "Gue maki-maki tuh. Gue umumin bahwa akun gue dihack, tapi gue tetep cuek. Enggak peduli," kata Ari.

Sikap cuek Ari rupanya membuat sang hacker yang belakangan diketahui warga negara Turki itu 'kegerahan', yang berujung akun twitter mantan vokalis Band Dewa 19 itu ditutup. Sempat mencari cara agar akunnya kembali, Ari malah diperas oleh sang hacker melalui Instagram dengan meminta uang sebesar Rp15 juta.

2. Chika Jessica

Dikutip dari kapanlagi.com, artis Chika Jessica juga sempat menjadi korban hacker. Kali ini peretas menyasar akun Instagram pribadinya. Pada tahun 2015, seluruh foto di akun @ckjessica menghilang tanpa jejak. Beruntung, dia dibantu Deddy Corbuzier.

Setelah perjuangan panjang, akhirnya Deddy bisa mengembalikan akun Chika dengan username baru. Meskipun tak bisa menyelamatkan foto-foto yang ada, namun jumlah followers Chika yang saat itu mencapai 2,7 juta bisa kembali.

"Dear all, sorry ya saya nggak jaga IG saya dengan baik. Ini IG saya yang asli ya @ckjessica25. Yang lama @ckjessica itu palsu. BLOCK PLIS. Kamsahamnida Syukron Sarangheyo my LOVERS. Terima kasih buat @corbuzier udah bantuin balikin akun aku," tulis Chika usai mendapatkan kembali akun Intagramnya.

3. Jimly Asshiddiqie

Tak hanya kalangan selebritas, seorang politikus pun tak luput dari sasaran peretasan. Dia adalah Jimly Asshiddiqie. Dilansir dari okezone.com, akun Facebook mantan hakim MK ini pernah diretas oleh pihak tak bertanggung jawab pada tahun 2010. 

Akun Facebook milik Jimly itu disalahgunakan oleh si pembajak untuk menjual laptop. Mengetahui akun Facebooknya dibobol, Jimly langsung melaporkan kejadian pembajakan tersebut kepada pihak kepolisian. Hal itu dilakukan untuk membuat jera pelaku peretasan akun Facebooknya.

4. Tantowi Yahya

Sama seperi Jimly, penyanyi country yang kini menjadi politikus, Tantowi Yahya, juga pernah menjadi korban kejahatan siber. Nama Tantowi dicatut dan muncul banyak akun Facebook palsu yang mengatasnamakan dirinya. Setidaknya ada 10 akun duplikasi Tantowi di Facebook.

Namun, kader Partai Golkar ini memilih untuk tak mau repot dengan memperpanjang masalah. Tantowi lebih memilih untuk tidak lagi menggunakan media sosial sebagai sarana berinteraksi dengan penggemar maupun rekan-rekannya.
Bagikan :
Topik :

Reporter : Gabriella Thesa Widiari
Editor : Ahmad Sahroji
KOMENTAR
GRAFIS
BERITA TERBARU
Nasional
06 April 2020 21:26 WIB

What's On Today, 6 April 2020

Podcast berita Indonesia terkini yang disajikan dengan cara berbeda
Wisata
06 April 2020 21:05 WIB

Bosah WFH? Berwisata Virtual Yuk!

Bisa dinikmati lewat video dan foto 360 derajat
Nusantara
06 April 2020 20:57 WIB

Pemprov Jabar Pertimbangkan Jam Malam dan PSBB

Sudah disetujui Kapolda
Nasional
06 April 2020 20:22 WIB

What's On Weekend, 6 April 2020

Klik tombol play dan rasakan sensasi menikmati berita yang berbeda
Nasional
06 April 2020 20:13 WIB

Pemerintah Belum Satu Suara Soal Data Pasien Korona

Masih ada perbedaan data dan dinilai tertutup