Rabu, 03 Juni 2020
Ilustrasi (Free-Photos/Pixabay)
07 April 2020 18:47 WIB

Hindari Cabin Fever Saat Bekerja dari Rumah Lewat Cara Ini

Cabin fever bahaya untuk kesehatan mental
Bagikan :


Jakarta, era.id - Kerja dari Rumah (work from Home/WFH) dan physical distancing masih menjadi cara terbaik supaya tidak terjangkit COVID-19. Ternyata hal ini bisa membahayakan mental dan terperangkap dalam emosi labil yang dinamakan cabin fever. 

Cabin fever adalah emosi atau perasaan sedih yang muncul akibat terlalu lama terisolasi di dalam rumah ataupun tempat tertentu. Selain itu, merasa terputus dari dunia luar juga bisa menyebabkan munculnya cabin fever.

Para ahli percaya bahwa masyarakat harus lebih waspada terhadap cabin fever. Sebab, tanpa penanganan yang tepat, gejala cabin fever akan sulit dikontrol. Gejala cabin fever tidak hanya sekadar merasa bosan saja. Ada beberapa gejalan lainnnya yang lebih serius dari itu. Misalnya kegelisahan, turunnya motivasi, mudah tersinggung, mudah putus asa, sulit berkonsentrasi, pola tidur tidak teratur, sulit bangun dari tidur, lemah lesu, sulit percaya pada orang di sekitar, tidak sabaran dan merasa sedih dan depresi untuk waktu yang lama.

Dilansir dari healthline, Selasa (7/4/2020) berikut beberapa tips supaya bertahan di rumah dengan kondisi cabin fever:


Baca Juga : Kemen PPPA Tegaskan New Normal di Satuan Pendidikan Harus Utamakan Anak

1. Terhubung dengan alam

Ke luar rumah adalah bagian penting bagi kesehatan mental, tetapi tidak semua orang bisa ke luar rumah sekarang.

Kamu bisa buka semua jendela ruangan, rasakan angin sepoi-sepoi yang berhembus dan rasakan oksigen dari udara bebas. Selain itu tambahkan beberapa tanaman hias agar pasokan oksigen makina banya di ruangan.

2. Menggerakan badan

Ketika kita merasa gelisah, sebaiknya gerakkan badanmu agar kamu bisa melepaskan kegelisahan. Kamu bisa melakuan senam ringan, lar di tempat atau yoga. Meditasi lewat yoga dapat membantu merenggangkan saraf. 

3. Dengar Musik

Dengan mendengarkan musik tenang seperti jazz dapat membantu kita untuk menenangkan diri. Nah, kita juga bisa memanjakan diri dengan melakukan perawatan diri seperti luluran atau berendam.

4. Mendekorasi ulang ruangan

Untuk mengusir rasa jenuh, kita bisa melakukan perubahan sederhana untuk mendekorasi ruangan menjadi iagak berbeda. Singkirkan dekorasi yang tak perlu. Supaya lebih cantik, atur ulang furnitur supaya ruangan terasa lebih lega.

5. Keluar ke 'Dunia Lain'

Bagi kalian merasa gelisah, terkadang kita hanya perlu membayangkan diri kita di tempat lain sepenuhnya. Untungnya, ada banyak cara kreatif untuk melakukan ini. Bagi penyuka gim, kamu bisa rehat dan main gim untuk beberapa waktu. Atau nonton film via streaming untuk menyegarkan otak kamu.


 
Bagikan :
Topik :

Reporter : Adelia Hutasoit
Editor : Ervan Bayu Setianto
KOMENTAR
GRAFIS
BERITA TERBARU