Rabu, 08 April 2020
Natto (Japan Today)
25 Maret 2020 13:24 WIB

Natto yang Dipercaya Cespleng Cegah Korona

Fermentasi kedelai kayak tauco
Bagikan :
Jakarta, era.id - Makanan yang terbuat dari kedelai yang difermentasi ini belakangan sedang naik daun di Jepang. Meski makanan yang disebut Natto itu nampak berlendir, bau, dan lengket, namun orang Jepang kadung percaya Natto bisa menangkal virus korona baru yang sedang mewabah.

Natto memang dikenal sejak lama memiliki banyak manfaat kesehatan. Olahan kedelai seperti tauco ini memiliki kandungan berupa vitamin K1 dan K2 yang berperan membuat tulang menjadi kuat dan mencegah pengapuran. Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa natto dapat mengurangi risiko serangan jantung.

Selain itu, kandungan vitamin C pada natto dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Nah, dari situlah natto diklaim oleh masyarakat Jepang dapat mencegah virus korona. Apalagi beberapa pakar kesehatan dan nutrisi di Jepang juga menyebut bahwa orang yang mengonsumsi natto memiliki risiko yang rendah terpapar COVID-19.

Tapi, hal tersebut dibantah Japan's Consumer Affairs Agency (YLKI Jepang). Sampai saat ini belum ada penelitian yang membuktikan klaim tersebut.


Natto Gohan (Japan Today)

"Pasar Jepang mulai kehabisan natto. Ini pasti terjadi karena beberapa orang mengedarkan pernyataan tidak berdasar tentang natto yang disebut dapat mencegah virus korona," ujar juru bicara Japan's Consumer Affairs Agency, seperti dikutip dari Japan Today, Rabu (25/3/2020).

Sebelumnya, natto sering dijadikan menu sarapan yang bagi orang Jepang. Salah satu varian yang populer adalah natto gohan, yakni nasi putih hangat dicampur natto, telur mentah dan taburan daun bawang.
Bagikan :
Topik :

Reporter : Adelia Hutasoit
Editor : Ervan Bayu Setianto
KOMENTAR
GRAFIS
BERITA TERBARU
Nasional
07 April 2020 21:10 WIB

What's On Today, 7 April 2020

Podcast berita Indonesia terkini yang disajikan dengan cara berbeda
Lifestyle
07 April 2020 21:01 WIB

Kiat Sukses Sinetron Ramadan Tahun 90an

Jadi pengen kembali ke masa-masa itu, saat korona belum menyerang
megapolitan
07 April 2020 20:35 WIB

Manfaat dari Penerapan PSBB di Jakarta

Kurangnya kerumunan orang
megapolitan
07 April 2020 20:01 WIB

Siap-Siap, Polisi 'Razia' Suhu Tubuh di Jalanan

Pakai drone mendeteksi suhu tubuh
Kuliner
07 April 2020 19:09 WIB

Khasiat Sayur Lodeh yang Ternyata Bisa Obati Kanker

Beruntunglah kalian pecinta sayur lodeh~