Selasa, 19 Februari 2019
Ilustrasi (Ilham/era.id)
12 Februari 2019 19:22 WIB

Hottest Issue Malam, Selasa 12 Februari 2019

Dari Jokowi yang dinobatkan sebagai bapak pariwisata sampai kucing yang membeku
Bagikan :


Jakarta, era.id - Selamat malam, selamat beristirahat setelah beraktivitas seharian. 

Malam ini, kami pilihkan lima berita terbaik untuk kamu baca. Mulai dari Jokowi yang dinobatkan sebagai bapak pariwisata, pelecehan seksual yang dilakukan striker Persija Marko Simic, Ridwan Kamil dilaporkan ke Bawaslu, kotak suara di Cirebon rusak, serta kucing bernama Fluffy yang nyaris mati membeku.

1. Jokowi Bapak Pariwisata

Presiden Joko Widodo dinobatkan sebagai Bapak Pariwisata Indonesia dalam acara hari ulang tahun ke-50 Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI).


Baca Juga : Hottest Issue Pagi, Selasa 19 Februari 2019

Dilansir Antara, Selasa (12/2/2019), Ketua Umum PHRI Hariyadi Sukamdani menganugerahkan secara langsung Gelar Bapak Pariwisata Nasional kepada Presiden Joko Widodo dalam acara Gala Dinner Peringatan HUT ke-50 PHRI di Puri Agung Convention Hall Jakarta, Senin malam.

Pemberian gelar tersebut merupakan hasil keputusan Rapat Pimpinan Nasional Pengurus PHRI yang dilangsungkan pada 9 Februari 2019 di Ballroom Candi Singosari Grand Sahid Jaya Hotel Jakarta.

"Penghargaan PHRI kepada Bapak Jokowi sebagai Bapak Pariwisata Nasional atas inisiatif dan komitmen mengembangkan pariwisata sejak menjadi Walikota Solo," katanya.    


Presiden Jokowi (Foto: Twitter @jokowi)

Baca Juga : Jokowi Dinobatkan jadi Bapak Pariwisata Indonesia

2. Pelecehan Seksual Simic

Manajer tim Persija Jakarta Marsma TNI Ardhi Tjahjoko mengatakan, tindakan pelecehan seksual yang diduga dilakukan oleh penyerang skuatnya Marko Simic masih sekadar tuduhan.

"Benar memang ada 'tuduhan' terjadi tindakan pelecehan seksual yang dilakukan oleh Simic. Namun demikian, kami dan seluruh penumpang di dalam pesawat tidak ada yang menyaksikan kejadian tersebut. Jadi masih sekadar tuduhan," ujar Ardhi, dikutip dari keterangan resminya yang diterima di Jakarta, dilansir Antara, Selasa (12/2/2019).

Ardhi menegaskan Persija menghormati seluruh proses hukum yang dijalankan oleh pemerintah Australia terhadap Simic.

Saat ini, dia melanjutkan, pihaknya masih menunggu perkembangan kasus Simic dari aparat hukum Australia. "Penyelidikan tengah dilakukan pihak berwajib dan kami sangat menghormati itu," tutur dia.    


Penyerang Persija Jakarta Marko Simic (Foto: Twitter @Persija_Jkt)

Baca Juga : Persija: Pelecehan Simic di Australia Masih Sekadar Tuduhan

3. Kang Emil Dilaporkan ke Bawaslu

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dilaporkan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) atas dugaan pelanggaran kampanye oleh kepala daerah. Dugaan ini dilaporkan oleh Muhajir, anggota Tim Advokasi Indonesia Bergerak.

Muhajir menduga ada kampanye terselubung yang dilakukan oleh Ridwan pada acara peringatan Hari Lahir ke-93 NU dan Hari lahir ke-73 Muslimat NU, Sabtu (9/2) di Lapangan Merdeka Kerkop, Kabupaten Garut, Jawa Barat. 

"Di mana, pada acara peringatan hari lahir tersebut dilangsungkan adalah sekaligus bersamaan dengan Deklarasi Dukungan terhadap pasangan Jokowi-Ma'aruf Amin dari relawan Jokowi Garut," ungkap Muhajir di Kantor Bawaslu RI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (12/2/2019).

Kata dia, Ridwan diduga menyampaikan orasi politik yang diserukan oleh sejumlah massa yang hadir. Padahal, kata Muhajir, KPU baru menetapkan masa kampanye rapat umum di ruang publik pada 21 hari sebelum hari pemilihan.    


Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Twitter @ridwankamil)

Baca Juga : Ridwan Kamil Dilaporkan ke Bawaslu

4. Kotak Suara di Cirebon Rusak

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat menyatakan, kerusakan kotak suara kardus Pemilu 2019 di Cirebon diakibatkan oleh rembesan air yang limpas dari pembuangan air hujan di gudang penyimpanan. Akibatnya, 1.000-an kotak suara yang terbuat dari kardus itu mengalami penurunan kualitas tetapi tidak berubah bentuk fisiknya.

Menurut Ketua KPU Jawa Barat Rifqi Ali Mubarok, berdasarkan hasil pemantauan langsung ke gudang penyimpanan kotak suara kardus di Cirebon, kotak suara itu sedang dikeringkan dengan cara dijemur. Rifqi menerangkan, material yang rusak akibat genangan air adalah sisa bilik suara kardus bekas pemilu kepala daerah lalu yang dijadikan alas penyimpanan.

"Jadi kotaknya itu masih utuh cuma kena air saja, sehingga sudah lembek. Tapi secara struktur tidak rusak sepenuhnya. Untuk data kerusakan saat ini dikisaran seribuan. Nah maka kemudian yang pertama kita lakukan yang masih bagus dipindahkan. Yang agak rusak, masih bisa digunakan dipisahkan, yang sudah rusak tidak bisa digunakan sama sekali, kita juga pisahkan untuk dilalukan penggantian," kata Rifqi di Kantor KPU Jawa Barat, Jalan Garut, Bandung, Selasa (12/2/2019).


Kondisi kotak suara Pemilu 2019 di gudang penyimpanan milik KPU Cirebon yang tergenang air, Bandung (Foto: KPU Jawa Barat)

Baca Juga : 1.000 Kotak Suara di Cirebon Jadi Lembek

5. Fluffy Nyaris Mati Membeku 

Fenomena polar vortex yang membuat suhu di sejumlah wilayah di Amerika Serikat (AS) turun drastis hingga 50 derajat Celcius, meninggalkan sejumlah cerita. Cuaca yang dingin tak hanya menyulitkan kehidupan warga AS, tapi juga hewan-hewan di sana, termasuk seekor kucing yang nyaris membeku di cuaca ekstrem itu.

Mengutip The Washington Post, tim dokter di Montana berhasil menyelamatkan nyawa seekor kucing yang nyaris mati membeku karena tertimbun salju. Saat dibawa ke dokter hewan, suhu tubuh kucing bernama Fluffy telah membeku sampai minus 32 derajat Celsius. 

"Dia membeku," kata Andrea Dutter, direktur eksekutif klinik hewan di Montana, seperti dikutip era.id, Selasa (12/2/2019).

Sebagai catatan, suhu normal kucing berkisar antara 37 sampai 39 derajat celsius. Artinya, suhu tubuh Fluffy sangat jauh dari normal. 

Untuk mengembalikan suhu tubuhnya, perawat dan dokter melakukan berbagai macam cara. Mulai dari membilas dengan air hangat, menggunakan pengering rambut, dan handuk panas untuk menghangatkan tubuh kucing malang itu.


Fluffy kucing yang membeku (Foto: Facebook/Animal Clinic Kalispell)

Baca Juga : Fluffy, Kucing yang Selamat Setelah Nyaris Mati Membeku

 
Bagikan :
Topik :

Reporter : ERA.ID
Editor : Riki Noviana
KOMENTAR
GRAFIS
BERITA TERBARU
Peristiwa
19 Februari 2019 13:09 WIB

Caleg Eks Koruptor Bertambah Jadi 32 Orang

Jadi totalnya 81 orang, miris~
Nasional
19 Februari 2019 13:06 WIB

DPR Ragu Selesaikan Prolegnas di Masa Akhir Jabatan

Jadi...kibarin bendera putih, nih?
Peristiwa
19 Februari 2019 12:14 WIB

Tamu Undangan Debat Kedua Capres Kebanyakan

Ganggu konsentrasi ceunah
Nusantara
19 Februari 2019 12:13 WIB

Kelompok Difabel di Bandung Keluhkan Aksesibilitas di Rumah Ibadah

Hanya dua rumah ibadah di Bandung yang ramah disabilitas
Kuliner
19 Februari 2019 11:41 WIB

VIDEO: Tiga Makanan Khas Cap Go Meh

Ada tiga makanan yang bisa dijumpai saat perayaan ini, mau tahu? Simak videonya
POPULER
18 Februari 2019 14:22 WIB

Robben Sebut Anfield Stadion Terburuk

18 Februari 2019 07:25 WIB

Kita Semua Wajib Tanggung Jawab

21 Juli 2018 16:30 WIB

Asia Juga Punya Anak Muda 'Berbahaya'

PODCAST

LISTEN
15 Februari 2019 19:22 WIB

NGEPOD: Buzzer Baik, Memang Ada? (Part 1)


LISTEN
14 Februari 2019 17:09 WIB

PODCAST: Sendiri Tak Melulu Sepi


LISTEN
04 Februari 2019 19:22 WIB

NGEPOD: Merangkai Kata Mendulang Rezeki


LISTEN
01 Februari 2019 19:50 WIB

NGEPOD: Mendarat di Galaksi Palapa


LISTEN
30 Januari 2019 15:11 WIB

NGEPOD: 'Stand Up' untuk Ekonomi Kreatif

FITUR
19 Februari 2019 11:21 WIB

Film Dokumenter Chris Cornell Siap Digarap

19 Februari 2019 10:31 WIB

VIDEO: Perayaan Cap Go Meh

19 Februari 2019 10:14 WIB

Nani Resmi Berlabuh di Orlando City

19 Februari 2019 09:36 WIB

Vettel Tercepat di Tes Pramusim Pertama