Rabu, 08 April 2020
Warga Semprot Cairan Disinfektan (Antara)
27 Maret 2020 12:11 WIB

Aksi Kreatif Warga Tangkal Korona Secara Swadaya

Belum ada perhatian dari pemerintah
Bagikan :


Jakarta, era.id - Upaya mencegah penyebaran wabah COVID-19 dilakukan oleh warga di berbagai daerah. Daripada menunggu perhatian dari pemerintah, mereka secara swadaya melakukan berbagai cara untuk menangkal virus korona baru masuk ke lingkungan mereka.

Warga Pondok Jagung I/Cornelia Residence Graha Raya Serpong, Tangerang Selatan, bergotong royong menyiapkan blower disinfektan di pintu gerbang perumahan.

Ketua keamanan dan mitigasi bencana RT 02/05 Cornelia Residence, Totok Suryaningtiyas di Tangerang Jumat mengatakan, blower sebanyak dua unit ini dioperasikan bagi setiap warga yang masuk ke area perumahan. Dari pantauan di lokasi terdapat dua unit blower disinfektan.

Blower itu terpasang tepat di pintu gerbang perumahan. Sehingga setiap warga yang masuk ke area perumahan akan dilakukan penyemprotan disinfektan. Setelah selesai baru mendapat izin masuk ke perumahan.


Baca Juga : Manfaat dari Penerapan PSBB di Jakarta

“Ini swadaya warga untuk melindungi lingkunganya dari virus korona. Dan berlaku bagi siapa saja yang memasuki kawasan perumahan. Wajib melewati blower disinfektan,” ujarnya.

Warga di Tulungagung, Jawa Timur juga berkreasi membangun gerbang sterilisasi di pintu masuk perumahan mereka demi mencegah paparan wabah COVID-19.

Simbolis peresmian gerbang sterilisasi mandiri hasil swadaya masyarakat di Perumahan Puri Jepun Permai II, Kelurahan Tulungagung, Kabupaten Tulungagung itu dilakukan sederhana oleh warga dengan disaksikan perangkat kelurahan setempat, Rabu llau.

Ujicoba sempat dilakukan dengan mengaktifkan semprot disinfektan melalui instalasi pipa dan 12 sprinkle sprayer yang terpasang di atap lorong dan tiang gerbang sterilisasi berbahan rangkaian bambu dan dibungkus plastik untuk penahan uap air tersebut.

Sementara di Kelurahan Sekardangan, Sidoarjo, Jawa Timur swadaya melakukan penyemprotan cairan disinfektan sebagai upaya dalam rangka mencegah penyebaran virus korona atau COVID-19 di lingkungannya.

Ketua RT23 Sekardangan, Edi Priyanto Kamis (26/3) mengatakan tujuan penyemprotan disinfektan ini sebagai langkah pencegahan virus corona serta usaha meningkatkan kebersihan untuk mencegah penyebaran virus korona.

"Kami juga melakukan sosialisasi dan memberikan imbauan kepada warga lewat spanduk, warga juga melakukan langkah penyediaan tempat cuci tangan dan sabun pada setiap akses jalan masuk," katanya seperti dikutip dari Antara.

Pihaknya mengaku bahan disinfektan diracik dan dibuat secara mandiri mengingat harga disinfektan di pasaran sudah cukup tinggi, serta hingga saat ini belum ada program penyemprotan disinfektan dari Pemerintah Kabupaten Sidoarjo.
 
Bagikan :

Reporter : ERA.ID
Editor : Ervan Bayu Setianto
KOMENTAR
GRAFIS
BERITA TERBARU
Nasional
07 April 2020 21:10 WIB

What's On Today, 7 April 2020

Podcast berita Indonesia terkini yang disajikan dengan cara berbeda
Lifestyle
07 April 2020 21:01 WIB

Kiat Sukses Sinetron Ramadan Tahun 90an

Jadi pengen kembali ke masa-masa itu, saat korona belum menyerang
megapolitan
07 April 2020 20:35 WIB

Manfaat dari Penerapan PSBB di Jakarta

Kurangnya kerumunan orang
megapolitan
07 April 2020 20:01 WIB

Siap-Siap, Polisi 'Razia' Suhu Tubuh di Jalanan

Pakai drone mendeteksi suhu tubuh
Kuliner
07 April 2020 19:09 WIB

Khasiat Sayur Lodeh yang Ternyata Bisa Obati Kanker

Beruntunglah kalian pecinta sayur lodeh~