Rabu, 12 Desember 2018
Ilustrasi (Pixabay)
06 Desember 2018 19:31 WIB

Waspada! Wasir Bisa Jadi Gejala Kanker Usus Besar

Salah satu cirinya enggak bisa kentut
Bagikan :


Tangerang, era.id - Kanker usus besar merupakan penyakit kanker nomor tiga yang paling sering ditemui. Penderita kanker ini rata-rata tidak menyadari gejalanya, bahkan banyak yang mengira jika hal tersebut adalah penyakit wasir (buang air besar berdarah) biasa.

Spesialis bedah dari Bethsaida Hospital, Dr. Eko Priatno SpB-KBD, mengungkapkan bahwa ciri-ciri kanker usus besar adalah buang air besar (BAB) berdarah yang sering dianggap sebagai wasir, perubahan pola BAB --diare atau BAB dengan feses kecil-kecil-- bab tidak puas, serta nyeri pada anus.

Menurut Dr. Eko, rata-rata penderita kanker usus besar baru datang pada dokter ketika stadium kanker sudah lanjut. Hal tersebut ditandai dengan perut buncit, kembung, tidak bisa buang air besar kentut, muntah, berat badan menurun serta nyeri perut.

"Kanker usus besar ini berawal dari polip atau kutil. Kalau tidam ditangangi bisa berubah sifat dari jinak jadi ganas. Seringnya memang dianggap wasir padahal belum tentu," ujar Dr. Eko dalam media gathering Bethsaida Hospital, Tangerang, seperti dikutip Antara, Kamis (6/12/2018).


Baca Juga : Kemoterapi Bukan Jaminan Sembuhkan Kanker

Dr. Eko mengatakan, bahwa tingkat kepedulian masyarakat terhadap kesehatan masih rendah. Penyakit yang seharusnya bisa diobati sejak awal, malah dianggap sebagai sesuatu yang wajar.

"Kalau di masyarakat, semua sakit perut dibilang maag. Kalau sakit perut bisa jadi tanda kanker usus besar terutama yang menyumbat usus. Kalau stadium awal memang tidak ada keluhannya," jelas Dr. Eko.

Ia kemudian memberitahu cara paling simpel untuk mendeteksi kanker usus besar. Namun, langkah ini hanya berlaku jika tumor atau kanker berada di dekat anus.

"Gejala kanker dan wasir memang mirip. Dia datang berobat ke mana pasti dibilang wasir. Untuk membedakannya adalah dengan cara colok dubur. Kalau kanker, pasti akan terasa keras dan ada tonjolannya. Kalau wasir, dia akan lembek. Tapi itu hanya bisa untuk yang bagian bawah aja, 8 cm dari anus. Ini pemeriksaan yang sangat penting dan simpel," jelas Dr. Eko.

"Tidak perlu khawatir, kanker usus besar asal datang pada stadium awal," lanjutnya.
Bagikan :
Topik :

Reporter : Ahmad Sahroji
Editor : Ahmad Sahroji
KOMENTAR
GRAFIS
BERITA TERBARU
Review
12 Desember 2018 08:49 WIB

Berapa Harga ROG Phone di Indonesia?

Harganya mencapai belasaan juta
Lifestyle
12 Desember 2018 07:46 WIB

VIDEO: One Direction Bakal Reuni Besar

Ada kemungkinan mereka reuni saat liburan Natal
Lifestyle
12 Desember 2018 07:05 WIB

Instagram Saring Komentar Otomatis dalam Bahasa Indonesia

Bye bye bully dan hate speech~~
Lifestyle
12 Desember 2018 06:27 WIB

Samsung Kembangkan Jaringan 5G untuk Mobil Terhubung

Kerja sama ini dilakukan dengan Otoritas Keselamatan Transportasi Korea (KOTSA)
Lifestyle
11 Desember 2018 21:21 WIB

Kenapa Harus Iklan Blackpink?

Haruskan muncul petisi, atau hanya sekedar nasihat yang tak diinginkan warganet?