Senin, 25 Maret 2019
Pasar ikan modern Muara Baru Jakarta. (Twitter @kkpgoid)
14 Maret 2019 15:35 WIB

Menyulap Pasar Ikan Muara Baru Jadi Keren

Selamat tinggal pasar yang berantakan, kotor, dan bau~
Bagikan :


Jakarta, era.id - Kalau lagi pengen belanja ke pasar tradisional, pasti selalu terbayang di benak kita soal suasana pasar yang crowded, tata letak yang berantakan, dan kondisi pasar yang kotor. Belum lagi kalau ternyata pasar yang mau kita kunjungi adalah pasar ikan, pasti langsung auto-kebayang betapa baunya aroma pasar.

Kesan ini juga yang akhirnya bikin kita males untuk belanja ke pasar, dan memilih untuk pergi ke supermarket atau mall. Tapi tenang, pasar ikan yang selalu identik dengan kesan bau, kotor, dan berantakan itu enggak akan kamu temuin di Pasar Ikan Modern (PIM) Muara Baru.

Citra negatif pasar ikan menjadi salah satu alasan pemerintah menyulap pasar ikan dengan konsep bersih, higienis dan modern. PIM Muara Baru merupakan terobosan baru one stop shopping aneka produk perikanan yang menawarkan pasar bersih, nyaman dan terjamin, tidak becek dan tidak bau. Selain itu, pelayanannya juga memudahkan dalam transaksi, serta menjadi salah satu tempat tujuan wisata di Kota Jakarta Utara.


Ini kondisi pasar ikan Muara Baru sebelum dan sesudah direvitalisasi. (Twitter @Ditjen_PDSPKP)


Baca Juga : Kala Sandiaga Dengar Keluhan Nelayan di Jember

Setelah proses pemindahan pedagang pada tanggal 16 Februari 2019, Pasar Ikan Modern ini telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Rabu (13/3) malam. Pasar ikan kekinian itu dibangun sesuai amanat Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 7 Tahun 2016 tentang Percepatan Pembangunan Industri Perikanan Nasional, dan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 3 Tahun 2017 tentang Rencana Aksi Percepatan Pembangunan Perikanan Nasional.

Menindaklanjuti amanat tersebut, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (Ditjen PDSPKP) pada tahun 2018 lalu meluncurkan program prioritas pembangunan Pasar Ikan Modern (PIM) yaitu di Muara Baru, DKI Jakarta dan Kabupaten Bandung.

Bangunan PIM Muara Baru seluas 2 Ha dibangun di atas lahan sekitar 4,15 Ha dengan anggaran sebesar Rp150,69 miliar. PIM ini dibangun dengan sistem design and built oleh pelaksana PT Pembangunan Perumahan dan Manajemen Kontruksi PT Fajar Nusa Consultans.

PIM Muara Baru ini dapat menjadi sentra perikanan nasional yang strategis mengingat banyaknya ikan yang diperjualbelikan di pasar existing Pusat Pelelangan Ikan (PPI) Muara Baru.

Ikan-ikan yang dijual di sini berasal dari wilayah Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur (sepanjang pantai utara Jawa). Ikan ini didominasi oleh jenis ikan laut yaitu kembung, cumi, tongkol, kakap, dan udang, dan jenis ikan air tawar seperti patin, bawal, dan mujair.


(Infografis: Kementerian Kelautan dan Perikanan)

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyebutkan, PIM Muara Baru ini dibangun dengan beberapa tujuan. Di antaranya, meningkatkan konsumsi ikan masyarakat Jakarta dan sekitarnya, menyediakan tempat jual-beli yang nyaman, bersih, memenuhi standar sanitasi, dan  higienis, serta menyediakan ikan yang bermutu, aman dikonsumsi, kontinyu, beragam, dan terjangkau.

Selain itu, juga bertujuan untuk mengembangkan sentra bisnis perikanan dan industri pendukungnya, mengembangkan tempat promosi dan edukasi sektor kelautan dan perikanan, hingga sebagai destinasi wisata sektor kelautan dan perikanan.

"Pasar ikan bisa jadi destinasi wisata, selain sebagai tempat menjual ikan, kita bangun pasar ikan yang higienis. Kita ubah paradigma pasar ikan yang identik dengan kotor dan bau menjadi tempat yang bersih dan nyaman. Jadi orang-orang bisa dengan nyaman menyaksikan aktivitas perikanan," tutur Susi.

PIM Muara Baru ini dibangun sebanyak tiga lantai dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas penunjang lainnya, seperti gedung pengelola, perbankan, ruang informasi dan edukasi, ruang pertemuan, gudang, pos jaga, dan masjid.


(Infografis: Kementerian Kelautan dan Perikanan)

Sebagai informasi, PIM Muara Baru dikelola oleh Perum Perikanan Indonesia (Perindo) berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan Nomor 130/KEP-DJPDSPKP/2018 tentang Penugasan kepada Perusahaan Umum Perikanan Indonesia sebagai Pengelola Sementara Operasionalisasi PIM Muara Baru Jakarta.

Selain pengelola, beberapa organisasi ikut terlibat dalam operasionalnya antara lain Tukang Bongkar Muat Ikan (TKBMI), Pasukan Pengamanan Masyarakat Swakarsa (Pamswakarsa), dan  pengaturan perparkiran (KOPARKIN). Kerja sama antarorganisasi tersebut diharapkan dapat mendukung operasional PIM sesuai standar yang ditetapkan.

Menurut Menteri Susi, demi mendukung operasional PIM yang baik  juga akan diberikan pelatihan kepada setiap petugas, mulai dari tingkat manajemen, teknis, kebersihan, keamanan, dan sebagainya. Pedagang pun akan diberikan pelatihan bagaimana memenuhi standar mutu dan kualitas yang dipersyaratkan.

Selanjutnya, PIM Muara Baru diharapkan dapat meningkatkan kondisi perekonomian masyarakat, produktivitas dan nilai tambah produk perikanan, serta mendorong peningkatan angka konsumsi ikan nasional.


(Infografis: Kementerian Kelautan dan Perikanan)
Bagikan :
Topik :

Reporter : Ahmad Sahroji
Editor : Ahmad Sahroji
KOMENTAR
GRAFIS
BERITA TERBARU
Lifestyle
25 Maret 2019 16:21 WIB

Eros Djarot Rilis Dua Single Bertema Politik

Terinspirasi kondisi panas menjelang pemilu dan korupsi berjamaah para elite politik
Nasional
25 Maret 2019 15:43 WIB

VIDEO: Presiden Jokowi Resmikan MRT Jakarta

Selain itu, dia juga meresmikan pembangunan MRT Jakarta fase kedua Bundaran HI sampai Kota
Lifestyle
25 Maret 2019 15:36 WIB

Ulasan Us-Alegori Mengagumkan dari Horor Bergaya Klasik

Watch the details, son!
Peristiwa
25 Maret 2019 15:15 WIB

Ada Anak-anak di Lokasi Kampanye Sandiaga Uno

Kalau melihat aturan, itu adalah tindakan yang tidak dibenarkan
Lifestyle
25 Maret 2019 15:09 WIB

Adele dan Jennifer Lawrence Pesta di Sebuah Bar Gay

Ini kejutan dan tidak ada yang tahu sebelumnya