Senin, 25 Maret 2019
tim eradotid jajal game VR (Anto/era.id)
08 Maret 2019 20:33 WIB

Mengulik Teknologi Game yang Semakin Terasa Nyata

Sensasinya bikin nagih
Bagikan :


Jakarta, era.id - Jika ditanya apa persamaan perkembangan video game dengan perjalanan hidup, maka jawabannya adalah sama-sama semakin realistis. Sebab teknologi saat ini memungkinkan kita bermain game jadi semakin terasa nyata.

Salah satu perkembangan teranyar dari dunia video game yakni VR haptic vest. Apabila headset Virtual Reality (VR) bisa membuat kita melihat 360 derajat dalam video game. Maka haptic vest memungkinkan kalian merasakan sentuhan dan serangan dari lawan di video game.

Teknologi ini akan memberikan stimulus dari perlengkapan yang terpasang di seluruh tubuh, sehingga akan bisa merasakan sensor nyata (full body immersion), bukan hanya dari stimulus visual semata. Misalnya saat main tembak-tembakan dan salah satu peluru mengenai badan maka hal yang sama juga akan dirasakan di badan kita.

Nah beberapa hari kemarin, tim redaksi era.id kebetulan mendapat kesempatan menjajal video game yang menggunakan teknologi haptic virtual reality besutan Sandbox VR X CoHive. 


Baca Juga : Rajin-rajin Ganti Password Supaya Enggak Diretas


gelang motion tracker (Anto/era.id)

Sebelum dapat mencoba keseruan game tiga dimensi, kami diharuskan mengenakan alat sensor bernama motion tracker. Berbentuk seperti gelang yang cukup asing bagi kami. Alatnya terdiri dari 4 buah. Dua buah dipasang di pergelangan tangan dan duanya lagi di pergelangan kaki. Sensor ini digunakan untuk mendeteksi gerakan ketika sudah berada dalam alam video game. 

Setelah memasuki ruang bermain, barulah kami dipakaikan haptic vest yang di dalamnya sejumlah sensor. Tak lupa perangkat VR Headgear yang kami kenakan di kepala.

Untuk bisa memainkan permainan tersebut kami juga diharuskan menggendong tas yang merupakan mesin dari game tersebut. Karena dimainkan nonstop, alat tersebut terasa hangat di punggung karena sebelumnya sudah ada beberapa peserta yang bermain sebelum kami.


headset VR (Anto/era.id)

Setelah semua alat berhasil dipasang, kami mulai memasuki dunia tiga dimensi virtual reality. Kami benar-benar sudah masuk dalam sebuah video game. Di sana kami benar-benar seperti menggunakan pakaian robot yang beberapa bagiannya dapat menyala-nyala. Dan akhirnya kami langsung mulai saja pertempuran dengan zombie. 

Dari awal memasuki alam video game sudah cukup mengesankan. Pasalnya alat yang digunakan oleh Sandbox VR ini mengombinasikan teknologi real time motion capture, yang mampu menangkap gerakan para pemain secara aktual. Dan yang paling keren, bisa merasakan sensor nyata pada tubuh bukan hanya dimanjakan dari visual saja.



Apabila selama ini kita bermain video game hanya menggunakan dua dari lima indera yakni penglihatan dan pendengaran, maka dengan adanya teknologi ini membuat kita dapat mengaktifkan indera lain yakni sentuhan. Manusia sebagai mahluk yang berpusat pada visual, seringnya tidak dapat berhenti untuk mempertimbangkan betapa luar biasanya indera sentuhan kita sebenarnya.
 
Bagikan :

Reporter : Ramdan Febrian Arifin
Editor : Aditya Fajar
KOMENTAR
GRAFIS
BERITA TERBARU
Lifestyle
25 Maret 2019 16:21 WIB

Eros Djarot Rilis Dua Single Bertema Politik

Terinspirasi kondisi panas menjelang pemilu dan korupsi berjamaah para elite politik
Nasional
25 Maret 2019 15:43 WIB

VIDEO: Presiden Jokowi Resmikan MRT Jakarta

Selain itu, dia juga meresmikan pembangunan MRT Jakarta fase kedua Bundaran HI sampai Kota
Lifestyle
25 Maret 2019 15:36 WIB

Ulasan Us-Alegori Mengagumkan dari Horor Bergaya Klasik

Watch the details, son!
Peristiwa
25 Maret 2019 15:15 WIB

Ada Anak-anak di Lokasi Kampanye Sandiaga Uno

Kalau melihat aturan, itu adalah tindakan yang tidak dibenarkan
Lifestyle
25 Maret 2019 15:09 WIB

Adele dan Jennifer Lawrence Pesta di Sebuah Bar Gay

Ini kejutan dan tidak ada yang tahu sebelumnya