Minggu, 05 April 2020
Megawati Soekarnoputri (Gabriella Thesa/era.id)
19 Februari 2020 20:21 WIB

'Sentilan' Mega dan Isyarat Tolak Formula E di Monas

Monas cagar budaya
Bagikan :


Jakarta, era.id - Presiden RI ke lima, Megawati Soekarnoputri menyentil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang berencana menggelar ajang balap mobil Formula E di kawasan Monumen Nasional (Monas).

Menurutnya Monas adalah kawasan cagar budaya yang seharusnya dilindungi oleh pemerintah tanpa mengubah bentuk aslinya.

"Saya hanya ngomong Monas itu adalah sudah pasti peraturannya merupakan cagar budaya. Apa artinya? tidak boleh dipergunakan untuk apa pun juga," tegas Megawati di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta, Rabu (19/2/2020).

Megawati lantas mencontohkan kediamannya di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta yang juga ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya. Akibat status itu, Megawati mengaku tak bisa seenaknya merenovasi rumah.


Baca Juga : Para Calon Kepala Daerah Dari PDIP Jilid I

Putri Presiden RI pertama, Soekarno itu perlu meminta izin kepada pemerintah jika hendak merenovasi rumah, walaupun hanya bagian kecil saja yang perlu diperbaiki.

"Karena apa, karena ada hal-hal yang tidak ada di dalam arsitektur rumah yang lain, nah ini kayak, heran deh, kenapa ya? aneh buat saya," kata Megawati.

Berkaca dari hal tersebut, Megawati merasa heran dengan sikap Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang tetap ingin menggelar balapan Formula E di kawasan Monas, padahal sudah ada peraturan terkait wilayah yang sudah ditetapkan sebagai cagar budaya.

Lebih lanjut, Ketua Umum PDIP ini menyinggung soal peranan ayahnya dalam mendirikan Monas. Kendati kerap disebut proyek mercusuar, Megawati meluruskan bahwa Bung Karno sampai mencari uang sendiri agar monumen itu dapat berdiri tegak dan kini menjadi kebanggaan nasional

"Nah, Gubernur DKI ini tahu apa tidak. Kenapa sih enggak di tempat lain? Kan begitu. Peraturan itu ya peraturan. Nah, kalian itu juga mesti tahu jangan sampai melanggar peraturan," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan akan mengelaran Formula E akan di kawasan Monumen Nasional. Anies menyebut hal tersebut sudah berdasarkan rekomendasi dari Dinas Kebudayaan Provinsi DKI berkaitan dengan status Monas sebagai cagar budaya.

Namun belakangan, penolakan datang dari sejumlah pihak, salah satunya fraksi PDIP di DPRD DKI Jakarta. Ketua DPRD DKI, Prasetyo Edi meminta dengan harus Anies Baswedan mengkaji penggunaan Monas untuk Formula E.
 
Bagikan :
Topik :

Reporter : Gabriella Thesa Widiari
Editor : Ervan Bayu Setianto
KOMENTAR
GRAFIS
BERITA TERBARU
Nasional
05 April 2020 20:01 WIB

Kita adalah Bangsa Gotong Royong di Tengah Pandemi COVID-19

Saatnya berhenti mengutuk kegelapan dan coba nyalakan lilin
Lifestyle
05 April 2020 19:09 WIB

Melihat Waktu Ideal Berjemur Berdasarkan UV Indeks WHO

Katanya sih dari jam 10 pagi sampai 2 siang
Internasional
05 April 2020 18:18 WIB

Ada Kulkas Raksasa untuk Simpan Jasad Korban COVID-19 di Ekuador

Ekuador melaporkan 318 pasien meninggal dunia akibat COVID-19
Nasional
05 April 2020 17:17 WIB

Pesan Trump untuk Warganya: Minggu Depan Banyak yang Meninggal di AS

Kok jadi terkesan nakutin ya?
Lifestyle
05 April 2020 16:04 WIB

Kembalinya sang Raja Dangdut Lewat Lagu 'Virus Corona'

Baru dirilis sudah trending di YouTube