Sabtu, 24 Agustus 2019
Menkopolhukam, Wiranto (era.id)
15 Mei 2019 20:16 WIB

'Tim Asistensi Hukum Bentukan Wiranto Bisa Ancam Demokrasi'

Selain ancaman demokrasi, tim ini disebut menyiratkan adanya kecurangan pemilu
Bagikan :


Jakarta, era.id - Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, Dahnil Anzar Simanjuntak mengkritik, keberadaan tim asistensi hukum bentukan Menkopolhukam Wiranto. Kata dia, pembentukan tim ini berpotensi menjadi ancaman serius bagi demokrasi.

"Bagi kami di BPN dan apalagi sekarang ada tim asistensi pemantau ucapan para tokoh, bagi kami ini melengkapi sisi-sisi kecurangan pemilu. Selain kecurangan, ini adalah bentuk dari ancaman serius bagi demokrasi Indonesia,” katanya di Jakarta, Rabu (15/5/2019).

Kalian perlu tahu, tim asistensi hukum bentukan Wiranto mulai efektif bekerja sejak Kamis (9/5) pekan lalu. Tim ini bertugas memberikan masukan dan menilai ucapan sejumlah tokoh serta aksi-aksi yang meresahkan pascapemilu.

Dahnil menilai, tugas tim asistensi hukum secara nyata melanggar hak berserikat dan menyampaikan pendapat di muka umum. Padahal, kata dia, ini telah diatur dalam Undang Undang Dasar 1945.

Terlebih, lanjut Dahnil, saat ini banyak tokoh nasional yang sedang gencar mengungkap berbagai bukti kecurangan di pilpres 2019.

“Lembaga yang di-SK-kan Kemenkopolhukam itu lembaga yang inkonstitusional. Itu lembaga yang melakukan makar pada konstitusi dasar kita karena melanggar hak dasar warga negara, hak berserikat, hak berpendapat,” kata Dahnil.

Sebelumnya, Menkopolhukam Wiranto menegaskan, Tim Asistensi Hukum besutannya bekerja internal dalam menganalisis aktivitas tokoh.

Wiranto mengaku, kinerja tim tersebut bukan untuk dipublikasikan. Namun, hanya bisa diakses oleh internal dan akan berkoordinasi dengan Kemenkopolhukam.

Bagikan :

Reporter : Mery Handayani
Editor : Yudhistira Dwi Putra
KOMENTAR
GRAFIS
BERITA TERBARU
megapolitan
24 Agustus 2019 17:35 WIB

Efek Medsos, Sentra Buku di Pasar Kenari Kembali Ramai

Medsos menunjukkan keajaibannya~
Lifestyle
24 Agustus 2019 16:44 WIB

Ada Deal Baru Disney-Sony Buat Spider-Man

 habis kongkow bareng sama Mr. Stark~
Lifestyle
24 Agustus 2019 15:25 WIB

VIDEO: Movie Update of the Week

Ada Film Angel Has Fallen dan Scary Stories to Tell in the Dark
Nasional
24 Agustus 2019 14:24 WIB

Mimpi Besar Gubernur Kaltara di PLTA Sungai Kayan

Dengan pengalaman dan pengetahuan, Irianto menyebut proyek ini berdampak baik bagi negara
megapolitan
24 Agustus 2019 13:56 WIB

Hidden Spot Belanja Buku di Tengah Ingar Bingar Jakarta

Adanya di Pasar Kenari ya gaes~