Kamis, 28 Mei 2020
Wisata Kawah Putih, Ciwidey, Bandung. (Abietams dari Pixabay)
05 Desember 2019 15:03 WIB

Destinasi Wisata Favorit di Jawa Barat Jelang Natal dan Tahun Baru

Sejak zaman baheula, Jawa Barat memang dikenal surganya wisata
Bagikan :


Bandung, era.id – Akhir tahun memang selalu identik dengan persiapan libur natal dan tahun baru. Kamu yang hobi traveling dan belum punya agenda liburan, bisa merencanakannya dari sekarang. Sebagai bocoran, destinasi wisata di Jawa Barat pun menarik untuk masuk agenda liburanmu. 

Destinasi wisata di Jawa Barat ini tersebar di empat penjuru mata angin. Tentu saja Bandung menjadi sentralnya. Untuk kawasan Bandung Raya saja sangat beragam wisatanya. Sebut saja Gunung Tangkuban Parahu yang terletak di utara Bandung. Gunung Api Tangkuban Parahu masih dinilai sebagai kawasan favorit untuk wisata alam.

Wisata alam Tangkuban Parahu juga didukung udara pegunungan yang sejuk. Kawasan ini dekat dengan Lembang yang sudah lama menjadi pusat liburan dan kuliner khas. Di sini kamu bisa menemui banyak tempat-tempat yang enak buat bersantai sambil menikmati alam dan kuliner.


Gunung Tangkuban Parahu. (Senjakelabu26/Pixabay)


Baca Juga : Tingkat Penghunian Kamar Hotel di Indonesia Tinggal 32 Persen

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jawa Barat Herman Muchtar bilang, kawasan Bandung memang menjadi salah satu destinasi tujuan bagi turis lokal maupun mancanegara, terutama karena menjadi akses ke Gunung Tangkuban Parahu dan pusat kuliner Lembang.

"Favorit karena Bandung itu dinilai udaranya sejuk, kota belanja, kota kuliner, kunjungan ke destinasi di Bandung banyak, seperti Tangkuban Parahu, dan Lembang,"” kata Herman Muchtar, saat dihubungi era.id, baru-baru ini.

Selain Tangkuban Parahu dan wisata kuliner Lembang, di kawasan tersebut juga memiliki tempat pemandian air panas seperti Sari Ater. "Itu jadi favorit mengapa orang datang ke Bandung," tambahnya.

Tapi tempat wisata di Bandung Raya bukan hanya Lembang dan Tangkuban Parahunya, masih ada juga lokasi menarik di kawasan selatan. Sebut saja Ciwidey yang saban akhir pekan atau musim liburan selalu macet karena diserbu turis.

Di Ciwidey juga ada Kawah Putih, pemandian air panas, Situ Patenggang, dan destinasi lain. Bahkan jika diteruskan, dari Ciwidey bisa tembus ke pinggiran Cianjur. Herman menyebut, masih banyak kawasan wisata yang belum tersosialisasikan dengan baik. Sehingga para turis cenderung menuju ke tempat itu-itu saja.


Wisata Kawah Putih, Ciwidey, Bandung. (Foto: Istimewa) 

Contohnya pantai, yang terkenal di Jawa Barat adalah pantai Pangandaran di Kabupaten Pangandaran, atau Pelabuhan Ratu di Sukabumi. Padahal di Garut pun ada pantai Santolo, Rancabuaya, Cicalobak dan masih banyak lagi.

“Itu belum tersosialisasikan dan terpromosi dengan baik. Itu destinasi Jabar banyak sekali,” kata Herman.

Garut juga punya pemandian air panas Gunung Api Papandayan. Lokasinya kurang lebih dua jam dari Bandung. Memasuki Garut, kamu akan menemukan banyak penjual kuliner khas, yaitu dodol Garut yang varian rasanya beragam.

Traveling ke Jawa Barat tentunya membutuhkan tempat untuk menginap. Sebaiknya, kamu melakukan persiapan yang matang soal penginapan ini. Sebab akhir tahun biasanya hotel-hotel penuh.

Herman bilang, para pengusaha hotel sudah melakukan persiapan jauh hari sebelum akhir tahun ini. “Yang sibuk di hotel-hotel saat ini mempersiapkan jelang natal dan jelang tahun baru. Hotel yang tidak mempersiapkan diri rugi sendiri nantinya,” katanya.
Bagikan :

Reporter : Iman Herdiana
Editor : Ahmad Sahroji
KOMENTAR
GRAFIS
BERITA TERBARU
Nusantara
28 Mei 2020 10:14 WIB

Boleh New Normal Asal Jangan Kurangi Kewaspadaan COVID-19

Jabar klaim berhasil kendalikan korona
 
Nasional
28 Mei 2020 08:15 WIB

Gelaran Pilkada Serentak di Era New Normal

Tetap digelar Desember
 
Teknologi
28 Mei 2020 07:56 WIB

Peluncuran Roket NASA-SpaceX Terhalang Badai

Ditunda hingga Sabtu