Selasa, 17 September 2019
Kantor KPU (Anto/era.id)
31 Mei 2019 16:55 WIB

Syarat KPU Tetapkan Caleg dari Dapil yang Tidak Bersengketa di MK

Tinggal nunggu aja 3 hari penetapan caleg terpilihnya~
Bagikan :


Jakarta, era.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) punya waktu 3 hari untuk menetapkan caleg terpilih dari daerah pemilihan yang tidak digugat peserta pemilu ke Mahkahamah Konstitusi (MK). 

Setidaknya menurut Arief, ada 340 gugatan sengketa yang tersebar hampir seluruh provinsi, tetapi tidak semua kabupaten/kota. Ada juga gugatan tentang daftar pemilih tetap (DPT), hasil perolehan suara, serta proses penyelenggaraan pemungutan suara.

“Dalam hal menetapkan calon terpilih tidak terpengaruh dengan adanya sengketa maka dia bisa menetapkan. Tapi kalau terpengaruh tidak bisa,” kata Ketua KPU Arief Budiman di kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Jumat (31/5/2019).

Contohnya begini, jika daerah pemilihan caleg DPRD Provinsi A tidak ada sengketa, maka KPU bisa langsung menetapkan para calon terpilih. Begitu pula sebaliknya.


Baca Juga : KPU Perlu Evaluasi Internal Usai Dua Komisionernya Diberhentikan DKPP

“Kemudian DPD misalnya di sebuah provinsi ada yang disengketakan. Maka provinsi yang lain tidak ada hubungannya,” lanjut Arief.

Penetapan caleg terpilih ini mengacu pada Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 10 tahun 2019 tentang tahapan, program, dan jadwal penyelenggaraan pemilu 2019.

Begitu juga dalam peraturan Mahkamah Konstitusi nomor 2 tahun 2019 tentang tahapan, kegiatan, dan jadwal penangan perkara perselisihan hasil pemilu, tertera pencatatan permohonan pemohon dalam BRPK dalam perselisihan pemilu DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota dilakukan pada 1 Juli.

Sebelumnya, komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi bilang jadwal penetapan caleg terpilih khusus DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota, dan DPD bisa dilakukan dalam waktu yang berbeda-beda di tiap daerah. 

"Pertama, daerah yang tidak ada permohonan permohonan gugatan di MK, kedua ada permohonan tetapi diputus di sidang pendahuluan itu berarti ada jadwal sendiri, ketiga ada daerah yang diputus di akhir putusan akhir. itu pasti jadwalnya berbeda," kata Pramono. 
 
Bagikan :

Reporter : Diah Ayu Wardani
Editor : Aditya Fajar
KOMENTAR
GRAFIS
BERITA TERBARU
Nasional
17 September 2019 19:43 WIB

Klaim Pembahasan RUU KPK yang Tak Buru-Buru

Kata mereka yang buat, ini bukan barang baru karena sudah lama dibahas
Nasional
17 September 2019 19:28 WIB

Pengesahan RUU KPK di Tengah Derasnya Arus Penolakan

Tok! DPR resmi sahkan RUU KPK yang dianggap melemahkan pemberantasan korupsi
Internasional
17 September 2019 19:02 WIB

Kisah Penyintas Kanker Pecahkan Rekor Renang di Inggris

Setahun lalu, ia menderita kanker. Hari ini ia jadi salah satu perenang terkuat di bumi
Internasional
17 September 2019 19:01 WIB

Vladimir Putin Kutip Ayat Alquran Serukan Perdamaian di Yaman

Karena berdamai itu indah mblo~
Nasional
17 September 2019 17:56 WIB

Dewan Pengawas KPK di Tangan Presiden

Presiden akan segera membentuk panitia seleksi untuk mencari anggota Dewan Pengawas