Jumat, 05 Juni 2020
Surat Keteragan Bebas COVID-19 (Tokopedia)
15 Mei 2020 07:44 WIB

Surat Keterangan Bebas COVID-19 Diklaim Asli dari Rumah Sakit

Dijual Rp70.000-Rp90.000
Bagikan :


Jakarta, era.id - Baru-baru ini beredar di media sosial, blog, dan platform e-commerce jasa pembuatan surat keterangan sehat bebas COVID-19. 

Harga yang ditawarkan terdiri dari dua paket mulai dari Rp70.000 sampai Rp90.000 belum termasuk ongkos kirim. Paket A, yakni hanya surat keterangan bebas COVID-19 dibanderol Rp70.000, sedangkan Paket B, surat plus hasil lab tes swab menjadi Rp90.000 lengkap dengan kop surat, tanda tangan dokter dan stempel.

Selain itu, pemesan bisa memilih rumah sakit mana yang dikehendaki untuk mengeluarkan surat keterangan sehat tersebut. Kalau bingung, penyedia jasa akan memberikan surat dari rumah sakit terdekat dengan alamat pemesan. Penyedia jasa mengklaim surat keterangan tersebut asli dikeluarkan oleh RS. Setelah mengisi formulir lewat Whatsapp, pemesan tinggal membayar tarif via transfer bank atas nama Suparna.

Penyedia jasa mengaku mendapat banyak orderan surat keterangan bebas COVID-19 jelang musim mudik. "Banyak yang pesan sih," kata admin layanan tersebut lewat pesan singkat.


Baca Juga : Bareskrim Selidiki Jual Beli Surat Keterangan Bebas COVID-19 Palsu



Selain, surat keterangan bebas COVID-19, mereka juga menyediakan jasa membuat surat keterangan sakit, surat keterangan dokter, dan lainnya.

Surat keterangan negatif COVID-19 memang menjadi salah satu dokumen yang harus dipenuhi jika seseorang akan bepergian saat PSBB sesuai dengan Surat Edaran Gugus Tugas Nomor 4 Tahun 2020.
 


Pihak rumah sakit membantah bisa mengeluarkan surat keterangan sehat tanpa jalur resmi. Tentunya pasien harus melewati uji lab dulu sebelum surat keterangan sehat keluar.
 






View this post on Instagram







 

Sahabat MIKA, Sehubungan dengan viralnya pemberitaan surat keterangan sehat yang mengatasnamakan Mitra Keluarga, kami, Mitra Keluarga mengklarifikasi terkait pemberitaan tersebut. Mari kita selalu bijak dalam menyikapi berita yang beredar dengan menelusuri kebenarannya terlebih dahulu, Sahabat MIKA. #MitraKeluarga #MitraKeluargaKu #SahabatMIKA #MitraKeluargaHospital #Life #Love #Laughter

A post shared by Mitra Keluarga (@mitrakeluarga) on



Pihak e-commerce juga telah menindak tegas akun penyedia jasa tersebut dengan menghapus iklan dan akun jual beli jasa pembuatan surat rumah sakit palsu tersebut.


 
Bagikan :
Topik :

Reporter : ERA.ID
Editor : Ervan Bayu Setianto
KOMENTAR
GRAFIS
BERITA TERBARU