Selasa, 07 April 2020
Seorang terdakwa menjalani persidangan berbasis konferensi video di Rutan Bandung, Jalan Jakarta, Kota Bandung, Kamis (26/3/2020). (ANTARA/HO-Rutan Bandung)
26 Maret 2020 19:10 WIB

Begini Jalannya Sidang Online di Rutan Bandung

Enggak ngaruh ke masa hukuman hiyahiyahiya~
Bagikan :


Bandung, era.id - Salah seorang terdakwa dalam masa tahanan menjalani persidangannya lewat konferensi video online di aula Rumah Tahanan (Rutan) Bandung, Jalan Jakarta, Kota Bandung.

Dalam persidangan di aula rutan tersebut hadir jaksa, terdakwa dan penasehat hukum, sedangkan majelis hakim tetap berada di Pengadilan Negeri Bandung.

"Hari ini kami mulai menggelar persidangan lewat video conference antara jaksa, terdakwa, penasehat hukum dengan hakim," kata Kepala Rutan Bandung Rico Stiven, seperti dikutip Antara, Kamis (26/3/2020).

Dia mengatakan sidang online itu dilakukan sesuai dengan surat edaran Menteri Hukum dan HAM (Menkumham). Surat edaran itu, kata dia, berisi tentang imbauan pembatasan kontak sosial dalam rangka mencegah penyebaran virus korona baru atau COVID-19.


Baca Juga : Manfaat dari Penerapan PSBB di Jakarta

"Rutan menyiapkan sarana dan prasarananya untuk sidang online. Jadi, jaksa, terdakwa, pengacara di rutan dan hakimnya tetap di pengadilan, sehingga tahanan kami tetap tidak keluar untuk meminimalisir kerumunan di luar," kata Rico.

Pada hari ini, kata dia, rencananya ada 68 tahanan yang bakal menjalani persidangan, sebagian online.

Sementara itu, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kemenkumham Jawa Barat Abdul Aris mengatakan sejumlah rutan yang berada di Jawa Barat juga bakal menerapkan hal serupa sebagai upaya pencegahan penularan COVID-19.

Dia menjelaskan langkah tersebut dipilih karena persidangan pidana umum tidak bisa ditunda akibat COVID-19. Pasalnya penundaan persidangan dapat berbenturan dengan batas waktu penahanan dan mengganggu kepastian hukum sehingga sidang online itu dipilih agar proses persidangan tetap terus berjalan dengan meminimalisir resiko penularan virus.

"Ditunda tidak bisa karena terbentur batas penahanan. Jadi paling memungkinkan ya via video conference supaya tetap terlaksana," kata dia.
Bagikan :

Reporter : ERA.ID
Editor : Ahmad Sahroji
KOMENTAR
GRAFIS
BERITA TERBARU
Nasional
07 April 2020 21:10 WIB

What's On Today, 7 April 2020

Podcast berita Indonesia terkini yang disajikan dengan cara berbeda
Lifestyle
07 April 2020 21:01 WIB

Kiat Sukses Sinetron Ramadan Tahun 90an

Jadi pengen kembali ke masa-masa itu, saat korona belum menyerang
megapolitan
07 April 2020 20:35 WIB

Manfaat dari Penerapan PSBB di Jakarta

Kurangnya kerumunan orang
megapolitan
07 April 2020 20:01 WIB

Siap-Siap, Polisi 'Razia' Suhu Tubuh di Jalanan

Pakai drone mendeteksi suhu tubuh
Kuliner
07 April 2020 19:09 WIB

Khasiat Sayur Lodeh yang Ternyata Bisa Obati Kanker

Beruntunglah kalian pecinta sayur lodeh~