Kamis, 24 Januari 2019
Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais. (Mery/era.id)
11 Januari 2019 17:11 WIB

Amien Rais Sebut Revolusi Mental Jokowi Tak Jelas

Yang jelas embah doang emang~
Bagikan :


Jakarta, era.id - Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais menilai, gagasan revolusi mental yang dikampanyekan Presiden Joko Widodo (Jokowi) selama ini tidak jelas.

Hal ini, disampaikannya dalam peluncuran buku terbarunya Hijrah: Selamat Tinggal Revolusi Mental, Selamat Datang Revolusi Moral, di Rumah Daksa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

"Pak Jokowi itu pernah menggaungkan sebuah gagasan yang menurut saya memang bagus mula-mula, (yaitu) revolusi mental. (Tapi) menurut saya revolusi mental Pak Jokowi itu memang tidak jelas," kata Amien, Jumat (11/1/2018).

Anggota Dewan Pengarah Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno itu menilai, tidak ada dokumen otentik yang bisa menjelaskan secara penuh bagaimana konsep revolusi mental tersebut. Katanya, tak ada dokumen otoritatif dari pemerintah.


Baca Juga : Sekjen PDI Perjuangan: Amien Rais Keluarkan Jurus Mabuk

"Tidak ada dokumen otentik yang mengenai, apa sih maksudnya Pak Jokowi? Enggak punya otentik. Karena memang tidak jelas," terangnya.

Selain itu, menurut Amien, selama pemerintahan di bawah pimpinan Presiden Jokowi tidak ada semacam kompas moral atau moral guidance. Katanya, hal ini terkesan membiarkan terjadinya hal-hal yang tidak baik.

"Kalau orang enggak punya kompas moral, itu berjanji sebanyak mungkin itu enggak apa-apa, kemudian bohong pun enggak apa-apa, karena enggak punya kompas moral, kemudian jadi permisif," ucapnya.

Mantan Ketua MPR ini mengaku, revolusi mental ini sangat mengganggunya selama masa pemerintahan Jokowi berjalan. Bahkan, katanya, pada pemerintahaan ini pula di masyarakat tumbuh budaya baru yakni budaya tipu-tipu.

"Jadi ini yang menyebabkan di masyarakat bangsa kita ini muncul semacam a new culture. Budaya tipu-tipu, jadi adanya lying culture. Budaya menipu. Budaya menipu ini saudara-saudara, amat sangat berat akibatnya," tutupnya.
Bagikan :
Topik :

Reporter : Mery Handayani
Editor : Ahmad Sahroji
KOMENTAR
GRAFIS
BERITA TERBARU
Internasional
24 Januari 2019 10:05 WIB

China Tingkatkan Pemberantasan Pelanggaran Medis

Baru-baru ini masalah serius yang melibatkan pasar produk-produk kesehatan telah diungkap
Nasional
24 Januari 2019 09:51 WIB

Ahok di Balik Jeruji: Membaca Sampai Membuat Buku

Bukunya berjudul Kebijakan Ahok dan diluncurkan pada Agustus 2018
Teknologi
24 Januari 2019 09:14 WIB

Ahok Bebas, Subscriber YouTube 'Panggil Saya BTP' Melejit

Apakah ini artinya BTP akan menjadi seorang Youtuber?
Nusantara
24 Januari 2019 09:12 WIB

Asyik, Kirim Buku ke Seluruh Indonesia Gratis

 Kebijakan ini berlaku kalau ngirim lewat Pos Indonesia, di tanggal 17 setiap…
Nasional
24 Januari 2019 09:10 WIB

VIDEO: Penantian Ahokers Hingga Menginap di Mako Brimob

Selain bernyanyi mereka juga berdoa untuk Ahok