Selasa, 26 Mei 2020
Pertemuan Jokowi dengan Mbah Moen dan Habib Luthfi di Hotel Fairmont Jakarta. (Foto: Istimewa)
13 April 2019 18:18 WIB

Pidato Berapi-api Jokowi dan Kekuatan Serban Mbah Moen

Jokowi dihadiahi serban dari Mbah Moen dan tasbih dari Habib Luthfi
Bagikan :


Jakarta, era.id - Capres petahana Joko Widodo (Jokowi) melahap habis visi-misinya di hadapan ratusan ribu pendukungnya di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta. Sorot mata dan artikulasi pidatonya terang, tidak seperti saat debat capres yang terlihat sangat lelah.

Maklum, beberapa bulan belakangan Jokowi menjadi super sibuk. Selain tugasnya sebagai kepala negara, dia juga bertanggung jawab mengkampanyekan dirinya dan pasangannya Ma'ruf Amin di berbagai wilayah di Indonesia.

Optimisme Jokowi siang itu, seperti bertambah tiga kali lipat. Entah kekuatan apa yang merasuki tubuh kurusnya itu. 

"Tidak ada negara maju yang rakyatnya pesimistis, negara maju rakyatnya pasti optimistis," tegas Jokowi, yang langsung disambut sorak-sorai masa pendukungnya di GBK Jakarta, Sabtu (13/4/2019).


Baca Juga : VIDEO: Sususan Kabinet Indonesia Maju

Sebelum menuju lokasi kampanye akbar di GBK Jakarta, Jokowi memang menyempatkan bertemu pengasuh Ponpes Al Anwar, KH Maimoen Zubair dan Rais 'Aam Idarah Aliyah Jam'iyyah Ahlit Thariqah Al-Mu'tabarah An-Nahdliyah (JATMAN) Habib Luthfi bin Yahya. 

Dalam pertemuan yang dilakukan di Hotel Fairmont Jakarta itu, Jokowi diberi serban berwarna hijau oleh Mbah Moen--sapaan akrab KH Maimoen Zubair. Sebelum memberikan serban, Ketua Majelis Syariah PPP itu tampak menunjukkan cara memakainya, yang disambut Jokowi dengan mengalungkannya di leher.

Sementara itu, Habib Luthfi juga tampak memberikan hadiah berupa tasbih berwarna kebiru-biruan kepada Jokowi. Tidak ada yang tahu apa yang dibicarakan ketiganya dalam pertemuan singkat tersebut. 


Pertemuan Jokowi dengan Mbah Moen dan Habib Luthfi di Hotel Fairmont Jakarta. (Foto: Istimewa)

Namun dengan membaca momentum saat ini, dukungan dua ulama kharismatik NU itu tentunya tidak bisa dianggap enteng. Apalagi dengan membaca semiotik serban dan tasbih yang dihadiahkan untuk Jokowi.

Dalam agama Islam, serban diketahui merupakan sunnah Nabi Muhammad SAW. Tidak ada syarat bagi seseorang, baik yang sudah berhaji atau belum, ustaz atau bukan, untuk mengenakannya. 

Hadiah serban dari ulama sekaliber Mbah Moen kepada Jokowi tentunya tidak bisa dilihat secara kasat mata. Seakan-akan pria yang kini genap berusia 90 tahun itu hendak menitipkan amanat besar di pundak Jokowi, untuk selalu memimpin negara dengan tutur kata, perbuatan, dan sikap yang luhur seperti ajaran nabi.

Warna hijau pada serban itu juga bagian dari sunnah (perbuatan nabi). Sebab, dalam berbagai riwayat hadist Nabi Muhammad diketahui sangat menyukai warna tersebut. Lengkaplah sudah. Serban sunnah, memakai warna hijau juga sunnah. Pendek kata, sunnah di atas sunnah.

Kemudian membaca tasbih yang diberikan Habib Luthfi kepada Jokowi juga tak boleh juga dipandang sebelah mata. Apalagi, ulama yang kini menjabat sebagai pemimpin Forum Sufi Dunia itu bisa dibilang bukan ulama sembarangan. Pemberian tasbih bisa diartikan sebagai mandat agar Jokowi selalu mengingat Yang Maha Kuasa di mana pun dirinya berada.


Jokowi saat memberikan pidato di depan ratusan ribu massa pendukungnya di GBK. (Twitter @jokowi)

Dalam orasinya di GBK, Jokowi sempat mengucapkan terima kasih kepada para ulama yang sudah mendukung dan mendoakannya.

"Terima kasih kepada para alim (ulama), ustaz, santri, seluruh pemuka agama, pemuka masyarakat, tokoh masyarakat, terima kasih atas dukungan, terima kasih doanya sekali lagi terima kasih kehadirannya," kata Jokowi.

Hadir dalam kampanye itu sejumlah ulama tampak hadir di antaranya Pimpinan Ponpes Darul Quran Tangerang Yusuf Mansur, tokoh Nahdlatul Ulama Ahmad Muwafiq atau yang akrab disapa Gus Muwafiq, KH Ahmad Muhtadi dari Banten atau yang akrab disapa Abuya Muhtadi, serta beberapa ulama dan pemuka agama lainnya.
Bagikan :

Reporter : Ahmad Sahroji
Editor : Ahmad Sahroji
KOMENTAR
GRAFIS
BERITA TERBARU
Nasional
25 Mei 2020 22:05 WIB

Ingin Kembali ke Jakarta Pasca Mudik, Catat Syaratnya

Harus punya SIKM
Kuliner
25 Mei 2020 20:55 WIB

Ada Sandwich Seharga Rp400 Ribu di Jepang, Apa Spesialnya?

Sandwich Instagramable
Nusantara
25 Mei 2020 19:01 WIB

Momen Lebaran Para Penjaga Perbatasan

Selalu bersyukur
megapolitan
25 Mei 2020 18:30 WIB

Syarat Sulit dari Anies untuk Pemudik yang Mau Balik ke Jakarta

Karena sudah dilarang mudik, yang bandel tanggung sendiri akibatnya. 
 
Nusantara
25 Mei 2020 18:10 WIB

16 Provinsi Nihil COVID-19

Ini daftarnya