Kamis, 23 Januari 2020
Presscon perdana Presiden dan Wakil Presiden terpilih (Anto/era.id
30 Juni 2019 20:07 WIB

Makna Salaman Habiburrokhman yang Mewakili Prabowo-Sandi

KPU berharap Prabowo-Sandi sudah legawa
Bagikan :


Jakarta, era.id - Pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno tak hadir saat KPU menetapkan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin resmi menjadi presiden dan wakil presiden terpilih periode 2019-2024. Prabowo mengutus Habiburrokhman sebagai perwakilannya.

Komisioner KPU Wahyu Setiawan memandang ketidakhadiran pasangan 02 ke KPU, bukan berarti Prabowo maupun Sandiaga tidak melegitimasi hasil pemilu. Bahkan, dengan sikap perwakilan BPN yaitu Habiburrokhman yang menyalami Jokowi dan cium tangan kepada Ma'ruf menunjukkan kubu lawan sudah legawa. 


Komisioner KPU Wahyu Setiawan (Diah/era.id)

"Pak Habiburrokhman menunjukkan sikap terpuji dengan mendatangi Pak Jokowi, Ma'ruf dan juga TKN. Menurut saya, itu juga budaya poltiik yang terpuji yang ditunjukan Pak Habiburokhman yang dalam hal ini sebagai perwakilan Prabowo-Sandi," kaya Wahyu di Gedung KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Minggu (30/6/2019).


Baca Juga : Menguatnya Posisi Menteri Pertanian di Puncak Safari Politik Prabowo

Jadi, tahapan yang dilaksanakan oleh KPU secara umum pemilu presiden dan wakil presiden sudah usai setelah pleno penetapan presiden dan wapres terpilih hari ini. Yang kurang adalah satu tahapan lagi, yaitu pelantkan presiden dan wapres 2019 2024. 

Tapi, pelantikan nanti akan dilaksanakan oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat. Jadi, saat pelantikan ini KPU hanya membantu untuk berkoordinasi dengan MPR. 

"Nanti kita berkoordinasi antara KPU dan MPR. Tapi, karena pelantikan di MPR, dan yang melantik juga MPR, sehingga sebenarnya sebagian besar menjadi ranah MPR," ungkap Wahyu. 

Lepas dari urusan pilpres, saat ini KPU tengah mempersiapkan kembali jajarannya untuk menghadapi sengketa perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) untuk tingkat legislatif di Mahkamah Konstitusi (MK) sampai 14 Agustus mendatang. 
Bagikan :

Reporter : Diah Ayu Wardani
Editor : Aditya Fajar
KOMENTAR
GRAFIS
BERITA TERBARU
Lifestyle
22 Januari 2020 21:10 WIB

JKT48 Akhirnya Punya Lagu Sendiri

Lifestyle
22 Januari 2020 20:24 WIB

Main di KKN: di Desa Penari, Tissa Biani Belajar Budaya Jawa

Mulai dari dialek sampai tari
Nasional
22 Januari 2020 20:09 WIB

What's On Today, 22 Januari 2020

Podcast berita terkini yang disajikan dengan cara berbeda
Nusantara
22 Januari 2020 19:12 WIB

Kisruh Wyata Guna Bakal Sampai ke Presiden

KSP janji bahas tuntutan difabel netra ke Presiden