Kamis, 18 Juli 2019
Ilustrasi (Irfan/era.id)
16 Mei 2019 14:46 WIB

BPN Makin Semangat Telusuri Kecurangan Pemilu

Semangat membara setelah ada putusan Bawaslu
Bagikan :


Jakarta, era.id - Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga bersyukur laporannya ditindaklanjuti oleh Bawaslu RI, dengan putusan bahwa KPU RI terbukti melanggar tata cara input data Situng pada Pilpres 2019.

Juru Bicara BPN, Andre Rosiade mengatakan, pihaknya menunggu KPU menindaklanjuti putusan Bawaslu. Keputusan ini, kata Andre, menambah semangat pihaknya membongkar kecurangan pemilu.

“Ini kan menambah semangat kami (laporkan) bahwa ini ada pelanggaran yang luar biasa. Kita lihat saja dilaksanakan atau KPU membangkang terhadap putusan Bawaslu. Kita tunggu saja dalam tiga hari, yang jelas situng itu harus diperbaiki. Kita tunggu,” katanya, saat dihubungi era.id, di Jakarta, Kamis (16/5/2019).

Andre juga menjelaskan, pihaknya akan kembali mendatangi Bawaslu untuk melaporkan dugaan kecurangan yang ditemukan tim BPN Prabowo-Sandi lainnya.


Baca Juga : Amien Rais: Pertemuan Prabowo-Jokowi Tak Bagi-Bagi Jatah

“Kami akan kembali melaporkan ke bawaslu soal dugaan TSM (Kecurangan terstruktur, sistematis dan masif ). Sehingga harapan kami pasangan 01 bisa didiskualifikasi,” ucapnya.

Supaya kalian paham, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI memutuskan Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah terbukti melanggar tata cara dan prosedur dalam proses input data pada Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng).

Hal itu disampaikan Ketua Bawaslu RI, Abhan dalam sidang putusan dugaan pelanggaran administrasi Situng KPU yang dilaporkan oleh Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Bawaslu memandang, prinsip keterbukaan informasi pada Situng KPU juga mesti mengutamakan data yang dipublikasikan dinyatakan valid, telah terverifikasi, serta dapat dipertanggungjawabkan kepada publik.  

Karena itu, Bawaslu memerintahkan KPU untuk segera memperbaiki tata cara dan prosedur dalam proses input data pada Situng yang ditemukan banyaknya kesalahan input data.
Bagikan :

Reporter : Diah Ayu Wardani
Editor : Ahmad Sahroji
KOMENTAR
GRAFIS
BERITA TERBARU
megapolitan
17 Juli 2019 21:11 WIB

Mencari Tahu Efek Psikologis dari Lagu di Lampu Merah Depok

Kata Wali Kota Depok, lagu ini bisa mengatasi stres ketika macet, benar gak ya?
Nasional
17 Juli 2019 20:37 WIB

Alasan Tim Teknis Pengusutan Kasus Novel Baswedan Dibentuk

Apa bedanya sama tim pencari fakta yang sudah dibentuk? Simak penjelasannya
Nasional
17 Juli 2019 20:15 WIB

Buntut Panjang Unggahan YouTuber Jadi Persoalan Serius

Mungkin kritik dan saran bisa lebih diterima dengan terbuka~
Lifestyle
17 Juli 2019 20:11 WIB

Ulasan Stuber-Evolusi Film Bergaya Buddy Cop

Film buddy cop selalu punya penggemar. Bagaimana dengan Stuber?
Nasional
17 Juli 2019 19:35 WIB

Garuda Indonesia Harus Tahan Kritik

Kritik dan masukan harusnya jadi perbaikan, bukannya malah melaporkan konsumen~